Selasa , Februari 27 2024

Wahana Visi Indonesia

Wahana Visi Indonesia: Organisasi Kemanusiaan Kristen yang Mendukung Anak, Keluarga, dan Masyarakat Rentan

Wahana Visi Indonesia adalah organisasi kemanusiaan Kristen yang hadir dan bekerja bersama mitra untuk mengusahakan transformasi kehidupan anak, keluarga, dan masyarakat yang paling rentan tanpa memandang suku, ras, agama, gender, dan golongan. Wahana Visi Indonesia bekerja untuk mengatasi akar masalah dari kemiskinan dan bekerja bersama masyarakat rentan demi terwujudnya kemandirian dan kepemilikan seutuhnya.

Sejarah

Wahana Visi Indonesia didirikan pada tahun 1981 oleh sekelompok orang Kristen yang memiliki kepedulian terhadap anak-anak dan masyarakat miskin di Indonesia. Organisasi ini awalnya bernama Yayasan Anak-Anak dan Keluarga (YAKA), yang kemudian berganti nama menjadi Wahana Visi Indonesia pada tahun 1991.

Sejak awal berdirinya, Wahana Visi Indonesia telah bekerja di berbagai bidang, termasuk pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan perlindungan anak. Organisasi ini juga aktif dalam memberikan bantuan kemanusiaan di masa-masa bencana alam.

Visi dan Misi

Visi Wahana Visi Indonesia adalah:

"Terwujudnya kehidupan yang adil, sejahtera, dan bermartabat bagi anak, keluarga, dan masyarakat yang paling rentan di Indonesia."

Misi Wahana Visi Indonesia adalah:

"Mengusahakan transformasi kehidupan anak, keluarga, dan masyarakat yang paling rentan melalui pendekatan pengembangan masyarakat, advokasi, dan tanggap bencana."

Program Kerja

Wahana Visi Indonesia memiliki berbagai program kerja yang berfokus pada pemberdayaan anak, keluarga, dan masyarakat rentan. Program-program tersebut antara lain:

  • Pendidikan: Wahana Visi Indonesia memberikan akses pendidikan berkualitas bagi anak-anak yang kurang mampu, termasuk pendidikan formal, nonformal, dan informal.
  • Kesehatan: Wahana Visi Indonesia memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat rentan, termasuk layanan kesehatan primer, sekunder, dan tersier.
  • Ekonomi: Wahana Visi Indonesia membantu masyarakat rentan untuk mengembangkan usaha produktif, sehingga mereka dapat meningkatkan taraf hidup mereka.
  • Perlindungan anak: Wahana Visi Indonesia melindungi anak-anak dari berbagai bentuk kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi.

Kerjasama

Wahana Visi Indonesia bekerja sama dengan berbagai mitra, baik pemerintah, swasta, maupun organisasi nonpemerintah. Kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas program-program kerja Wahana Visi Indonesia.

Dukungan

Wahana Visi Indonesia menerima dukungan dari berbagai pihak, baik dari individu, organisasi, maupun pemerintah. Dukungan ini sangat penting untuk membantu Wahana Visi Indonesia dalam mewujudkan visi dan misinya.

Kesimpulan

Wahana Visi Indonesia adalah organisasi kemanusiaan Kristen yang telah bekerja selama lebih dari 40 tahun untuk mendukung anak, keluarga, dan masyarakat rentan di Indonesia. Organisasi ini memiliki berbagai program kerja yang berfokus pada pemberdayaan dan perlindungan anak. Wahana Visi Indonesia juga bekerja sama dengan berbagai mitra untuk meningkatkan efektivitas program-program kerjanya.

Berikut adalah beberapa contoh program kerja Wahana Visi Indonesia:

  • Program Pendidikan: Wahana Visi Indonesia telah membangun dan mengelola lebih dari 1.000 sekolah dan pusat pendidikan nonformal di seluruh Indonesia. Program ini telah memberikan akses pendidikan berkualitas bagi lebih dari 1 juta anak dari keluarga miskin.
  • Program Kesehatan: Wahana Visi Indonesia telah membangun dan mengelola lebih dari 100 puskesmas, klinik, dan rumah sakit di seluruh Indonesia. Program ini telah memberikan layanan kesehatan bagi lebih dari 5 juta orang dari keluarga miskin.
  • Program Ekonomi: Wahana Visi Indonesia telah membantu lebih dari 1 juta keluarga rentan untuk mengembangkan usaha produktif, seperti pertanian, peternakan, dan kerajinan tangan. Program ini telah meningkatkan taraf hidup bagi lebih dari 5 juta orang dari keluarga miskin.
  • Program Perlindungan Anak: Wahana Visi Indonesia telah bekerja untuk melindungi anak-anak dari berbagai bentuk kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi. Program ini telah membantu lebih dari 1 juta anak dari keluarga miskin.

Wahana Visi Indonesia adalah organisasi yang penting untuk mendukung anak, keluarga, dan masyarakat rentan di Indonesia. Organisasi ini telah memberikan dampak positif bagi jutaan orang di seluruh Indonesia.