Kamis , April 18 2024

Wakil Walikota Jakarta Timur

Wakil Walikota Jakarta Timur

Wakil Walikota Jakarta Timur adalah posisi kedua yang memerintah Kota Administrasi Jakarta Timur di bawah Wali Kota Administrasi Jakarta Timur. Posisi ini pertama kali dibentuk pada tahun 2002.

Riwayat Jabatan

Sejak dibentuk pada tahun 2002, telah ada 4 orang yang menjabat sebagai Wakil Walikota Jakarta Timur, yaitu:

  • Drs. H. Chairunnas Jusup, M.B.A. (2002-2007)
  • Drs. H. M. Anwar, M.M. (2007-2013)
  • Ir. H. Bambang Musyawardana, M.M. (2013-2018)
  • Iin Mutmainnah, S.Sos., M.Si. (2018-sekarang)

Iin Mutmainah

Saat ini, Wakil Walikota Jakarta Timur dijabat oleh Iin Mutmainah, S.Sos., M.Si. Iin lahir di Jakarta pada tanggal 27 Maret 1971. Ia memulai kariernya di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tahun 1991 sebagai staf di Kantor Walikota Jakarta Timur.

Iin pernah menjabat sebagai Lurah Munjul, Camat Cipayung, Kepala Biro ORB Setda Provinsi DKI Jakarta, dan Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Barat. Pada tanggal 26 Juni 2018, Iin dilantik menjadi Wakil Walikota Jakarta Timur oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kebijakan dan Program

Selama menjabat sebagai Wakil Walikota Jakarta Timur, Iin telah banyak melakukan kebijakan dan program untuk memajukan Kota Administrasi Jakarta Timur. Beberapa kebijakan dan program tersebut antara lain:

  • Peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat
  • Pembangunan infrastruktur, seperti jalan, jembatan, dan rumah susun
  • Penanganan banjir dan sampah
  • Pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata

Iin juga aktif dalam kegiatan sosial dan kemasyarakatan. Ia sering mengadakan kegiatan bakti sosial, seperti pemberian bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu dan korban bencana.

Penilaian

Secara umum, Iin dinilai sebagai Wakil Walikota yang memiliki kinerja baik. Ia dianggap berhasil dalam menjalankan tugas-tugasnya, terutama dalam bidang pembangunan infrastruktur dan penanganan banjir.

Namun, Iin juga masih menghadapi beberapa tantangan, seperti masih tingginya angka kriminalitas dan kemiskinan di Kota Administrasi Jakarta Timur. Iin diharapkan dapat terus bekerja keras untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut.

Kesimpulan

Wakil Walikota Jakarta Timur memiliki peran penting dalam pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur. Ia harus bekerja sama dengan Walikota Jakarta Timur untuk mewujudkan pembangunan yang merata dan berkeadilan bagi seluruh warga masyarakat.