Breaking News

Aktivitas Kelompok Ips Kelas 7 Hal 209

Aktivitas Kelompok IPS Kelas 7 Hal 209: Perkembangan Masyarakat Praaksara

Pada halaman 209 buku IPS kelas 7, terdapat aktivitas kelompok yang membahas tentang perkembangan masyarakat praaksara dari aspek ekonomi, sosial, dan budaya. Aktivitas kelompok ini bertujuan untuk membantu siswa memahami materi tentang perkembangan masyarakat praaksara secara lebih mendalam.

Langkah-langkah Aktivitas Kelompok

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan siswa dalam menyelesaikan aktivitas kelompok ini:

  1. Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.
  2. Pilihlah salah satu aspek dari perkembangan masyarakat praaksara, yaitu ekonomi, sosial, atau budaya.
  3. Lakukan penelitian tentang perkembangan aspek tersebut pada masa praaksara.
  4. Buatlah laporan hasil penelitian dalam bentuk tabel yang memuat informasi tentang:
    • Ciri-ciri perkembangan aspek tersebut pada masa praaksara
    • Contoh-contoh perkembangan aspek tersebut pada masa praaksara
  5. Presentasikan hasil laporan kelompok di depan kelas.

Penjelasan Aspek Perkembangan Masyarakat Praaksara

Berikut adalah penjelasan tentang ketiga aspek perkembangan masyarakat praaksara yang dapat dipilih oleh siswa dalam aktivitas kelompok:

Aspek Ekonomi

Aspek ekonomi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan masyarakat. Pada masa praaksara, manusia masih bergantung pada alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mereka berburu dan mengumpulkan makanan, mulai dari hewan, tumbuhan, hingga buah-buahan.

Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana (Palaeolithikum), manusia masih menggunakan alat-alat yang sederhana, seperti kapak genggam dan alat serpih. Mereka hidup nomaden, yaitu berpindah-pindah tempat untuk mencari sumber makanan.

Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut (Mesolithikum), manusia mulai menggunakan alat-alat yang lebih kompleks, seperti tombak, mata panah, dan busur. Mereka juga mulai menetap di suatu tempat untuk jangka waktu yang lebih lama.

Pada masa bercocok tanam (Neolithikum), manusia mulai beralih dari berburu dan mengumpulkan makanan menjadi bercocok tanam. Mereka mulai menanam padi, jagung, kacang-kacangan, dan sayuran. Mereka juga mulai memelihara hewan ternak, seperti sapi, kambing, dan domba.

Pada masa perundagian (Mesolitikum), manusia mulai mengembangkan teknologi, seperti pembuatan logam dan gerabah. Mereka juga mulai membangun permukiman yang lebih permanen.

Aspek Sosial

Aspek sosial juga merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan masyarakat. Pada masa praaksara, masyarakat masih bersifat sederhana dan egaliter. Mereka hidup dalam kelompok-kelompok kecil yang dipimpin oleh seorang kepala suku.

Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana, masyarakat masih hidup secara nomaden. Mereka sering berpindah-pindah tempat untuk mencari sumber makanan.

Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut, masyarakat mulai menetap di suatu tempat untuk jangka waktu yang lebih lama. Mereka mulai membentuk kelompok-kelompok yang lebih besar.

Pada masa bercocok tanam, masyarakat mulai mengembangkan sistem pertanian dan peternakan. Mereka juga mulai membangun permukiman yang lebih permanen.

Pada masa perundagian, masyarakat mulai mengembangkan teknologi dan sistem perdagangan. Mereka juga mulai membentuk kerajaan-kerajaan.

Aspek Budaya

Aspek budaya merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan masyarakat. Pada masa praaksara, masyarakat sudah memiliki berbagai macam budaya, seperti kepercayaan, seni, dan teknologi.

Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana, masyarakat sudah memiliki kepercayaan animisme dan dinamisme. Mereka juga sudah memiliki seni primitif, seperti lukisan dinding dan patung.

Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut, masyarakat mulai mengembangkan kepercayaan politeisme. Mereka juga mulai mengembangkan seni yang lebih kompleks, seperti gerabah dan perhiasan.

Pada masa bercocok tanam, masyarakat mulai mengembangkan kepercayaan monoteisme. Mereka juga mulai mengembangkan seni yang lebih beragam, seperti tarian, musik, dan arsitektur.

Pada masa perundagian, masyarakat mulai mengembangkan kepercayaan Hindu-Buddha dan Islam. Mereka juga mulai mengembangkan seni yang lebih maju, seperti arsitektur candi dan relief.

Kesimpulan

Aktivitas kelompok pada halaman 209 buku IPS kelas 7 merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk membantu siswa memahami materi tentang perkembangan masyarakat praaksara. Melalui aktivitas ini, siswa dapat belajar secara aktif dan mandiri.