Jawaban Ips Halaman 210 Kelas 8

Jawaban IPS Halaman 210 Kelas 8

Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 Kurikulum Merdeka membahas materi tentang kondisi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan. Pada halaman 210, terdapat beberapa soal yang berkaitan dengan materi tersebut. Berikut ini adalah pembahasan lengkap jawaban soal-soal tersebut.

Soal 1

Jelaskan bentuk-bentuk kerja paksa yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda di Indonesia!

Pemerintah kolonial Belanda menerapkan sistem kerja paksa di Indonesia untuk kepentingan ekonominya. Sistem kerja paksa ini dikenal dengan nama rodi. Bentuk-bentuk kerja paksa yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda di Indonesia antara lain:

  • Tanam paksa

Tanam paksa adalah sistem yang mewajibkan rakyat Indonesia untuk menanam tanaman ekspor, seperti kopi, teh, dan tembakau, di atas tanah mereka sendiri. Tanaman ekspor tersebut kemudian dijual kepada pemerintah kolonial Belanda. Tanam paksa diterapkan di sebagian besar wilayah Jawa dan Madura pada tahun 1830-1870.

  • Pembangunan jalan raya

Pemerintah kolonial Belanda membangun jalan raya sepanjang 1000 kilometer dari Anyer hingga Panarukan. Pembangunan jalan raya ini dilakukan dengan menggunakan kerja paksa. Jalan raya ini dibangun untuk mempermudah transportasi dan perdagangan antar wilayah di Jawa.

  • Pembangunan pangkalan armada

Pemerintah kolonial Belanda membangun pangkalan armada di Batavia, Surabaya, dan Makassar. Pembangunan pangkalan armada ini juga dilakukan dengan menggunakan kerja paksa. Pangkalan armada ini dibangun untuk memperkuat pertahanan pemerintah kolonial Belanda di Indonesia.

Soal 2

Apa dampak dari kerja paksa bagi masyarakat Indonesia?

Kerja paksa berdampak negatif bagi masyarakat Indonesia. Dampak-dampak tersebut antara lain:

  • Kematian dan penderitaan rakyat

Kerja paksa menyebabkan banyak rakyat Indonesia meninggal dunia atau menderita. Hal ini disebabkan oleh kerja paksa yang dilakukan secara paksa dan tanpa memperhatikan kondisi fisik para pekerja.

  • Kemunduran perekonomian rakyat

Kerja paksa menyebabkan perekonomian rakyat Indonesia mengalami kemunduran. Hal ini disebabkan oleh rakyat Indonesia yang tidak memiliki waktu untuk bekerja di ladang atau sawah mereka sendiri.

  • Munculnya perlawanan rakyat

Kerja paksa menimbulkan kebencian rakyat Indonesia terhadap pemerintah kolonial Belanda. Hal ini menyebabkan munculnya perlawanan rakyat terhadap pemerintah kolonial Belanda.

Soal 3

Apa upaya yang dilakukan oleh rakyat Indonesia untuk melawan kerja paksa?

Rakyat Indonesia melakukan berbagai upaya untuk melawan kerja paksa. Upaya-upaya tersebut antara lain:

  • Protes

Rakyat Indonesia melakukan protes kepada pemerintah kolonial Belanda. Protes tersebut dilakukan dengan cara berkumpul dan menyampaikan pendapat mereka.

  • Pemberontakan

Rakyat Indonesia juga melakukan pemberontakan terhadap pemerintah kolonial Belanda. Pemberontakan tersebut terjadi di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Perang Diponegoro (1825-1830), Perang Padri (1821-1838), dan Perang Aceh (1873-1904).

  • Pergerakan nasional

Pergerakan nasional yang muncul pada awal abad ke-20 juga memiliki tujuan untuk melawan kerja paksa. Pergerakan nasional ini menuntut pemerintah kolonial Belanda untuk menghapus sistem kerja paksa.