Kamis , April 18 2024

Aktivitas Kelompok Ips Kelas 8 Hal 232

Aktivitas Kelompok IPS Kelas 8 Hal 232: Diskusi Hasil Konferensi Meja Bundar

Pada halaman 232 buku IPS kelas 8 Kurikulum Merdeka, terdapat aktivitas kelompok yang berjudul "Diskusi Hasil Konferensi Meja Bundar". Aktivitas ini mengajak siswa untuk berdiskusi tentang isi, keuntungan, dan kerugian Konferensi Meja Bundar.

Isi Konferensi Meja Bundar

Konferensi Meja Bundar (KMB) adalah pertemuan antara pemerintah Indonesia, Belanda, dan Inggris yang diadakan di Den Haag, Belanda, pada tanggal 23 Agustus hingga 2 November 1949. KMB menghasilkan kesepakatan antara Indonesia dan Belanda tentang penyerahan kedaulatan Indonesia kepada Republik Indonesia Serikat (RIS).

Kesepakatan KMB meliputi:

  • Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia Serikat (RIS) sebagai negara yang berdaulat dan merdeka.
  • Belanda akan menyerahkan kekuasaannya di Indonesia kepada RIS secara bertahap.
  • RIS akan menjadi bagian dari Uni Indonesia-Belanda.

Keuntungan Konferensi Meja Bundar

Keuntungan KMB bagi Indonesia adalah:

  • Indonesia berhasil mendapatkan pengakuan kedaulatan dari Belanda.
  • Indonesia berhasil memperoleh wilayah-wilayah yang telah dikuasai Belanda, seperti Irian Barat.
  • Indonesia berhasil memperoleh pengakuan internasional sebagai negara yang berdaulat dan merdeka.

Kerugian Konferensi Meja Bundar

Kerugian KMB bagi Indonesia adalah:

  • Indonesia harus bergabung dengan Uni Indonesia-Belanda, yang didominasi oleh Belanda.
  • Indonesia harus mengakui kedaulatan Belanda atas Irian Barat.
  • Indonesia harus membayar utang-utang Belanda kepada Jepang.

Pembahasan Hasil Diskusi

Setelah berdiskusi, siswa diharapkan dapat memahami isi, keuntungan, dan kerugian Konferensi Meja Bundar. Siswa juga diharapkan dapat memberikan pendapat tentang hasil KMB, baik dari sisi positif maupun negatif.

Berikut adalah beberapa pendapat siswa tentang hasil KMB:

  • "Hasil KMB merupakan kemenangan yang luar biasa bagi Indonesia, karena kita berhasil mendapatkan pengakuan kedaulatan dari Belanda."
  • "Hasil KMB juga memiliki kerugian, yaitu kita harus bergabung dengan Uni Indonesia-Belanda dan mengakui kedaulatan Belanda atas Irian Barat."
  • "Secara keseluruhan, hasil KMB merupakan langkah maju bagi bangsa Indonesia, karena kita berhasil memerdekakan diri dari penjajahan Belanda."

Kesimpulan

Aktivitas kelompok pada halaman 232 buku IPS kelas 8 Kurikulum Merdeka merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan pembelajaran IPS. Aktivitas ini dapat membantu siswa untuk memahami materi dengan lebih mendalam dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis.