Allahumma Shoyyiban Nafi An Arab

Allahumma Shoyyiban Nafi’an: Doa Turun Hujan yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Hujan merupakan salah satu nikmat Allah SWT yang sangat berharga bagi umat manusia. Hujan menjadi sumber kehidupan bagi makhluk hidup di bumi, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Hujan juga menjadi sumber air bersih yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mandi, cuci, masak, dan minum.

Oleh karena itu, ketika hujan turun, kita dianjurkan untuk bersyukur kepada Allah SWT dan memanjatkan doa agar hujan tersebut bermanfaat bagi kita semua. Salah satu doa yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk dibaca ketika hujan turun adalah doa "Allahumma shoyyiban nafi’an".

Tulisan Arab dan Latin

Tulisan Arab dari doa "Allahumma shoyyiban nafi’an" adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا 

Sedangkan tulisan latinnya adalah sebagai berikut:

Allahumma shoyyiban nafi'an 

Arti

Arti dari doa "Allahumma shoyyiban nafi’an" adalah sebagai berikut:

"Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat" 

Makna

Doa "Allahumma shoyyiban nafi’an" mengandung permohonan kepada Allah SWT agar hujan yang turun bermanfaat bagi kita semua. Hujan yang bermanfaat adalah hujan yang turun dengan intensitas yang cukup, tidak terlalu deras dan tidak terlalu ringan. Hujan yang bermanfaat juga adalah hujan yang tidak menimbulkan banjir, longsor, atau kerusakan lainnya.

Keutamaan

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membaca doa "Allahumma shoyyiban nafi’an" ketika hujan turun. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ: اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata: "Nabi SAW ketika melihat hujan, beliau mengucapkan: Allahumma shoyyiban nafi’an"

(HR. Bukhari, no. 1012)

Waktu untuk Membaca Doa

Doa "Allahumma shoyyiban nafi’an" dapat dibaca ketika hujan turun, baik hujan yang turun sedikit maupun hujan yang turun deras. Doa ini juga dapat dibaca ketika hujan turun di pagi hari, siang hari, sore hari, maupun malam hari.

Kesimpulan

Doa "Allahumma shoyyiban nafi’an" adalah doa yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk dibaca ketika hujan turun. Doa ini mengandung permohonan kepada Allah SWT agar hujan yang turun bermanfaat bagi kita semua. Oleh karena itu, marilah kita membaca doa ini ketika hujan turun agar kita dapat merasakan manfaat dari hujan tersebut.