Antonim Kata Tercemar

Dalam bahasa Indonesia, kata tercemar memiliki arti dipenuhi dengan sesuatu yang tidak bersih, tidak sehat, atau berbahaya. Kata ini dapat digunakan untuk menggambarkan kondisi suatu benda, tempat, atau lingkungan yang telah mengalami perubahan menjadi buruk akibat adanya zat atau unsur lain yang tidak seharusnya ada.

Berdasarkan pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa antonim dari kata tercemar adalah kata yang memiliki arti bersih, sehat, atau tidak berbahaya. Berikut ini adalah beberapa contoh antonim dari kata tercemar:

  • Bersih

Kata bersih memiliki arti bebas dari kotoran, debu, atau noda. Kata ini dapat digunakan untuk menggambarkan kondisi suatu benda, tempat, atau lingkungan yang tidak memiliki kotoran atau noda.

Contoh penggunaan:

Sungai itu masih bersih dan tidak tercemar.

  • Sehat

Kata sehat memiliki arti tidak sakit atau menderita penyakit. Kata ini dapat digunakan untuk menggambarkan kondisi suatu benda, tempat, atau lingkungan yang tidak memiliki penyakit atau gangguan.

Contoh penggunaan:

Makanan itu sehat dan tidak tercemar bakteri.

  • Tidak berbahaya

Kata tidak berbahaya memiliki arti tidak memiliki potensi untuk menimbulkan bahaya. Kata ini dapat digunakan untuk menggambarkan kondisi suatu benda, tempat, atau lingkungan yang tidak memiliki potensi untuk menimbulkan bahaya bagi manusia atau makhluk hidup lainnya.

Contoh penggunaan:

Udara di kota itu tidak berbahaya karena tidak tercemar oleh polusi.

Selain ketiga contoh di atas, masih banyak lagi antonim dari kata tercemar yang dapat digunakan dalam berbagai konteks. Penggunaan antonim yang tepat dapat membantu untuk menyampaikan makna yang jelas dan akurat.

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan antonim kata tercemar dalam kalimat:

  • **Air sungai itu tidak tercemar sehingga aman untuk dikonsumsi.
  • **Makanan tersebut bersih dan sehat sehingga tidak perlu dikhawatirkan.
  • **Lingkungan sekitar pabrik itu tidak aman karena tercemar oleh limbah pabrik.

Dengan memahami antonim kata tercemar, kita dapat menggunakan kata-kata tersebut dengan tepat dan efektif dalam komunikasi sehari-hari.