Breaking News

Apa Yang Dimaksud Dengan Guru Penggerak

Apa Yang Dimaksud Dengan Guru Penggerak

Guru penggerak adalah guru yang memiliki kemampuan kepemimpinan dalam pembelajaran yang berpusat pada murid. Mereka memiliki keterampilan dan kompetensi yang mumpuni untuk menjadi pemimpin dalam proses belajar-mengajar, serta mampu menggerakkan ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Tugas dan Fungsi Guru Penggerak

Guru penggerak memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut:

  • Memimpin pembelajaran yang berpusat pada murid

Guru penggerak memiliki tugas untuk mendorong tumbuh kembang murid secara holistik dengan mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid. Mereka memiliki keterampilan untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan.

  • Mengembangkan pendidik lainnya

Guru penggerak juga memiliki tugas untuk mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid. Mereka memiliki keterampilan untuk menjadi fasilitator dan mentor bagi guru-guru lain.

  • Menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan

Guru penggerak juga memiliki tugas untuk menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan. Mereka memiliki keterampilan untuk mendorong perubahan positif dalam ekosistem pendidikan, termasuk di dalamnya budaya sekolah, kepemimpinan sekolah, dan kebijakan pendidikan.

Kualifikasi Guru Penggerak

Guru penggerak harus memenuhi kualifikasi sebagai berikut:

  • Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun

  • Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1 atau D-IV

  • Memiliki nilai akreditasi guru sekurang-kurangnya baik

  • Memiliki kemampuan kepemimpinan dan manajerial

  • Memiliki kemampuan komunikasi dan kolaborasi

  • Memiliki kemampuan memecahkan masalah dan mengambil keputusan

  • Memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan

Proses Seleksi Guru Penggerak

Proses seleksi guru penggerak dilakukan secara berjenjang, mulai dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi, hingga seleksi wawancara. Seleksi administrasi dilakukan untuk menilai kelengkapan dokumen persyaratan. Seleksi kompetensi dilakukan untuk menilai kompetensi guru penggerak dalam bidang pedagogi, kepribadian, sosial, dan profesional. Seleksi wawancara dilakukan untuk menilai kemampuan komunikasi dan kepemimpinan guru penggerak.

Manfaat Menjadi Guru Penggerak

Menjadi guru penggerak memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Meningkatkan kompetensi guru

Program guru penggerak memberikan kesempatan bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya dalam bidang pedagogi, kepribadian, sosial, dan profesional.

  • Mengembangkan karier guru

Menjadi guru penggerak dapat menjadi nilai tambah bagi karier guru. Guru penggerak memiliki peluang untuk mendapatkan promosi jabatan dan kesempatan untuk mengikuti program-program pengembangan profesional lainnya.

  • Menjadi agen perubahan pendidikan

Guru penggerak memiliki peran penting dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Mereka dapat menjadi agen perubahan pendidikan dengan mendorong perubahan positif dalam ekosistem pendidikan.

Kesimpulan

Guru penggerak adalah guru yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Mereka memiliki keterampilan dan kompetensi yang mumpuni untuk menjadi pemimpin dalam proses belajar-mengajar, serta mampu menggerakkan ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.