Breaking News

Kunci Jawaban Detik Detik 2020 Ipa Sd

Kunci Jawaban Detik Detik 2020 IPA SD

Buku Detik Detik merupakan salah satu buku yang paling populer digunakan oleh siswa SD untuk persiapan menghadapi ujian sekolah. Buku ini berisi kumpulan soal-soal latihan yang disusun berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang tertera dalam kurikulum.

Salah satu keunggulan buku Detik Detik adalah adanya kunci jawaban yang tersedia di bagian akhir buku. Kunci jawaban ini dapat digunakan oleh siswa sebagai bahan referensi untuk memeriksa jawabannya sendiri.

Berikut ini adalah pembahasan lengkap tentang kunci jawaban Detik Detik 2020 IPA SD:

Soal Pilihan Ganda

Soal pilihan ganda merupakan jenis soal yang paling banyak dijumpai dalam buku Detik Detik IPA SD. Soal ini terdiri dari satu pertanyaan dan beberapa pilihan jawaban. Siswa hanya perlu memilih satu jawaban yang dianggap paling benar.

Pada soal pilihan ganda, kunci jawaban biasanya diletakkan di bagian bawah soal. Kunci jawaban ini berupa huruf yang mewakili pilihan jawaban. Misalnya, jawaban yang benar untuk soal A adalah (a), jawaban yang benar untuk soal B adalah (b), dan seterusnya.

Berikut ini adalah contoh soal pilihan ganda beserta kunci jawabannya:

Soal:

Hewan yang memiliki tulang belakang disebut dengan …

(A) vertebrata
(B) invertebrata
(C) amphibi
(D) reptil

Kunci Jawaban:

(A)

Pembahasan:

Semua hewan yang memiliki tulang belakang disebut dengan vertebrata. Vertebrata terdiri dari berbagai macam hewan, seperti ikan, amfibi, reptil, burung, dan mamalia.

Soal Essay

Soal essay merupakan jenis soal yang lebih kompleks dibandingkan soal pilihan ganda. Soal ini terdiri dari satu pertanyaan dan jawaban yang dituliskan oleh siswa sendiri.

Pada soal essay, kunci jawaban biasanya tidak tersedia di bagian akhir buku. Siswa harus mencari sendiri jawaban yang benar berdasarkan pengetahuan dan pemahamannya.

Berikut ini adalah contoh soal essay beserta kunci jawabannya:

Soal:

Jelaskan perbedaan antara hewan vertebrata dan invertebrata!

Kunci Jawaban:

Hewan vertebrata dan invertebrata adalah dua kelompok hewan yang berbeda berdasarkan struktur tulang belakangnya. Hewan vertebrata memiliki tulang belakang, sedangkan hewan invertebrata tidak memiliki tulang belakang.

Hewan vertebrata terdiri dari berbagai macam hewan, seperti ikan, amfibi, reptil, burung, dan mamalia. Hewan-hewan ini memiliki tulang belakang yang berfungsi untuk melindungi organ-organ tubuh dan membantu pergerakan.

Hewan invertebrata terdiri dari berbagai macam hewan, seperti cacing, serangga, moluska, dan arthropoda. Hewan-hewan ini tidak memiliki tulang belakang, sehingga pergerakannya terbatas.

Soal Uraian

Soal uraian merupakan jenis soal yang paling kompleks dibandingkan soal pilihan ganda dan essay. Soal ini terdiri dari satu pertanyaan dan jawaban yang dituliskan oleh siswa dalam bentuk paragraf.

Pada soal uraian, kunci jawaban biasanya tidak tersedia di bagian akhir buku. Siswa harus mencari sendiri jawaban yang benar berdasarkan pengetahuan dan pemahamannya.

Berikut ini adalah contoh soal uraian beserta kunci jawabannya:

Soal:

Sebutkan macam-macam hewan vertebrata dan berikan contohnya!

Kunci Jawaban:

Macam-macam hewan vertebrata adalah sebagai berikut:

  • Ikan

Ikan adalah hewan vertebrata yang hidup di air. Ikan memiliki insang untuk bernapas di air. Contoh ikan antara lain ikan mas, ikan lele, dan ikan gurame.

  • Amfibi

Amfibi adalah hewan vertebrata yang hidup di dua alam, yaitu di air dan di darat. Amfibi memiliki kulit yang basah dan berlendir untuk membantunya bernapas di air. Contoh amfibi antara lain katak, kodok, dan salamander.

  • Reptil

Reptil adalah hewan vertebrata yang memiliki kulit yang kering dan bersisik. Reptil bertelur dan berkembang biak di darat. Contoh reptil antara lain ular, kadal, dan buaya.

  • Burung

Burung adalah hewan vertebrata yang memiliki sayap dan bulu. Burung bertelur dan berkembang biak di darat. Contoh burung antara lain merpati, ayam, dan burung elang.

  • Mamalia

Mamalia adalah hewan vertebrata yang memiliki kelenjar susu untuk menyusui anaknya. Mamalia bertelur dan berkembang biak di darat. Contoh mamalia antara lain manusia, kucing, dan sapi.