Breaking News

Berikut Ini Yang Bukan Tujuan Pembangunan Kelautan Adalah

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dengan luas wilayah laut mencapai 5,7 juta km2. Luas wilayah laut tersebut memberikan potensi yang besar bagi Indonesia untuk mengembangkan berbagai sektor, seperti perikanan, pariwisata, dan energi.

Pembangunan kelautan merupakan upaya untuk memanfaatkan potensi laut secara optimal dan berkelanjutan. Pembangunan kelautan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menjaga kelestarian lingkungan, dan memperkuat kedaulatan negara.

Tujuan Pembangunan Kelautan

Berikut ini adalah tujuan pembangunan kelautan:

  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Pembangunan kelautan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir dan pulau-pulau terluar. Hal ini dapat dilakukan dengan mengembangkan sektor-sektor yang memberikan manfaat ekonomi, seperti perikanan, pariwisata, dan industri.

  • Menjaga kelestarian lingkungan

Pembangunan kelautan juga bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan laut. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, seperti penggunaan sumber daya laut secara bijak dan pemanfaatan teknologi ramah lingkungan.

  • Memperkuat kedaulatan negara

Pembangunan kelautan juga bertujuan untuk memperkuat kedaulatan negara. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah laut Indonesia, serta melindungi sumber daya laut dari eksploitasi yang berlebihan.

Pertanyaan:Berikut ini yang bukan tujuan pembangunan kelautan adalah?

Jawaban:

Berikut ini yang bukan tujuan pembangunan kelautan adalah menjadikan laut sebagai tempat pembuangan sampah. Pembangunan kelautan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menjaga kelestarian lingkungan, dan memperkuat kedaulatan negara. Hal ini tidak dapat dilakukan jika laut dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah.

Sampah di laut dapat menimbulkan berbagai dampak negatif, seperti pencemaran, kerusakan ekosistem, dan gangguan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, pembangunan kelautan harus berorientasi pada pelestarian lingkungan, termasuk pengelolaan sampah laut yang baik.

Pembangunan kelautan merupakan upaya penting untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, kelestarian lingkungan, dan kedaulatan negara. Oleh karena itu, pembangunan kelautan harus dilakukan secara terencana, terpadu, dan berkelanjutan.