Sabtu , April 20 2024

Berikut Yang Tidak Termasuk Tahapan-tahapan Teknik Lompat Tinggi Adalah

Berikut Yang Tidak Termasuk Tahapan-tahapan Teknik Lompat Tinggi Adalah

Lompat tinggi adalah salah satu cabang olahraga atletik yang bertujuan untuk melewati mistar setinggi mungkin dengan cara melompat. Olahraga ini membutuhkan kekuatan, kecepatan, dan kelincahan.

Teknik lompat tinggi terdiri dari empat tahapan, yaitu:

  1. Awalan

Awalan adalah gerakan berlari menuju mistar dengan kecepatan yang semakin meningkat. Gerakan awalan ini bertujuan untuk mendapatkan kecepatan dan momentum yang maksimal untuk melakukan tolakan.

  1. Tolakan

Tolakan adalah gerakan kaki menumpu pada lantai untuk menaikkan badan. Gerakan tolakan ini harus dilakukan dengan kuat dan cepat untuk mendapatkan ketinggian yang maksimal.

  1. Melayang

Melayang adalah gerakan badan ketika berada di udara dan di atas mistar. Gerakan melayang ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan badan dan melewati mistar dengan aman.

  1. Mendarat

Mendarat adalah gerakan jatuhnya badan ke matras setelah melewati mistar. Gerakan mendarat ini harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari cedera.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban dari pertanyaan "Berikut yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah" adalah menggantung di udara. Hal ini karena gerakan menggantung di udara tidak ada dalam tahapan-tahapan teknik lompat tinggi.

Pada tahapan melayang, badan atlet lompat tinggi harus menjaga keseimbangan agar tidak jatuh ke bawah sebelum melewati mistar. Jika atlet lompat tinggi menggantung di udara, maka hal ini akan memperlambat pergerakan badan dan membuat atlet lebih sulit untuk melewati mistar.

Selain itu, menggantung di udara juga dapat menyebabkan cedera, terutama pada otot-otot leher dan punggung. Oleh karena itu, gerakan menggantung di udara tidak termasuk dalam tahapan-tahapan teknik lompat tinggi.

Berikut adalah penjelasan lengkap dari masing-masing tahapan teknik lompat tinggi:

Awalan

Awalan lompat tinggi dilakukan dengan berlari dengan kecepatan yang semakin meningkat. Gerakan awalan ini bertujuan untuk mendapatkan kecepatan dan momentum yang maksimal untuk melakukan tolakan.

Ada beberapa macam awalan lompat tinggi, yaitu:

  • Awalan paralel

Awalan paralel adalah awalan yang dilakukan dengan posisi kaki sejajar.

  • Awalan zig-zag

Awalan zig-zag adalah awalan yang dilakukan dengan posisi kaki bergantian menyilang.

  • Awalan berputar

Awalan berputar adalah awalan yang dilakukan dengan posisi kaki berputar.

Tolakan

Tolakan lompat tinggi adalah gerakan kaki menumpu pada lantai untuk menaikkan badan. Gerakan tolakan ini harus dilakukan dengan kuat dan cepat untuk mendapatkan ketinggian yang maksimal.

Ada dua macam tolakan lompat tinggi, yaitu:

  • Tolakan one-step

Tolakan one-step adalah tolakan yang dilakukan dengan satu kaki.

  • Tolakan two-step

Tolakan two-step adalah tolakan yang dilakukan dengan dua kaki.

Melayang

Melayang lompat tinggi adalah gerakan badan ketika berada di udara dan di atas mistar. Gerakan melayang ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan badan dan melewati mistar dengan aman.

Ada beberapa macam gaya melayang lompat tinggi, yaitu:

  • Gaya Fosbury Flop

Gaya Fosbury Flop adalah gaya melayang yang dilakukan dengan posisi punggung menghadap mistar.

  • Gaya Western Roll

Gaya Western Roll adalah gaya melayang yang dilakukan dengan posisi badan berguling.

  • Gaya Straddle

Gaya Straddle adalah gaya melayang yang dilakukan dengan posisi badan mengangkang.

Mendarat

Mendarat lompat tinggi adalah gerakan jatuhnya badan ke matras setelah melewati mistar. Gerakan mendarat ini harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari cedera.

Ada beberapa macam cara mendarat lompat tinggi, yaitu:

  • Mendarat dengan dua kaki

Mendarat dengan dua kaki adalah cara mendarat yang paling umum dilakukan.

  • Mendarat dengan satu kaki

Mendarat dengan satu kaki adalah cara mendarat yang dilakukan oleh atlet lompat tinggi yang menggunakan gaya Fosbury Flop.

  • Mendarat dengan posisi duduk

Mendarat dengan posisi duduk adalah cara mendarat yang dilakukan oleh atlet lompat tinggi yang menggunakan gaya Straddle.