Sabtu , April 20 2024

Berilah Tiga Contoh

Dalam penulisan artikel, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah pemberian contoh. Contoh dapat membantu pembaca untuk memahami materi yang disampaikan dengan lebih baik. Selain itu, contoh juga dapat membuat artikel menjadi lebih menarik dan informatif.

Dalam artikel ini, akan dibahas tentang bagaimana cara memberikan contoh yang baik dalam sebuah artikel. Pembahasan akan meliputi tiga hal, yaitu:

  1. Pilihlah contoh yang relevan

Contoh yang diberikan harus relevan dengan materi yang disampaikan. Contoh yang relevan akan membantu pembaca untuk memahami materi dengan lebih baik.

Misalnya, jika Anda menulis artikel tentang cara memasak nasi goreng, maka contoh yang diberikan haruslah tentang cara memasak nasi goreng. Contoh yang tidak relevan, seperti cara memasak mie goreng, akan membuat pembaca bingung.

  1. Berikan penjelasan yang lengkap

Selain relevan, contoh yang diberikan juga harus dilengkapi dengan penjelasan yang lengkap. Penjelasan yang lengkap akan membantu pembaca untuk memahami contoh dengan lebih baik.

Misalnya, jika Anda memberikan contoh tentang cara memasak nasi goreng, maka Anda harus menjelaskan langkah-langkahnya secara lengkap. Anda juga harus menjelaskan bahan-bahan yang diperlukan dan alat-alat yang digunakan.

  1. Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Bahasa yang digunakan dalam contoh haruslah mudah dipahami oleh pembaca. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu teknis atau rumit.

Misalnya, jika Anda menulis artikel tentang cara menghitung luas persegi panjang, maka Anda harus menggunakan bahasa yang sederhana. Anda tidak perlu menggunakan istilah-istilah matematika yang terlalu rumit.

Berikut adalah tiga contoh penerapan cara memberikan contoh yang baik dalam sebuah artikel:

Contoh 1

Judul artikel: Cara Membuat Nasi Goreng

Contoh:

Untuk membuat nasi goreng, Anda memerlukan bahan-bahan berikut:

  • 2 piring nasi putih
  • 100 gram ayam cincang
  • 2 buah bawang merah, cincang
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1 buah cabai merah, cincang
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan kecap manis

Cara membuat nasi goreng:

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  2. Masukkan ayam cincang dan cabai merah. Tumis hingga ayam berubah warna.
  3. Masukkan nasi putih dan aduk rata.
  4. Tambahkan garam, merica bubuk, dan kecap manis. Aduk rata.
  5. Masak hingga nasi goreng matang dan bumbu meresap.

Pembahasan:

Contoh ini relevan dengan materi yang disampaikan karena membahas tentang cara membuat nasi goreng. Contoh ini juga dilengkapi dengan penjelasan yang lengkap, yaitu langkah-langkah membuat nasi goreng dan bahan-bahan yang diperlukan. Bahasa yang digunakan dalam contoh ini juga mudah dipahami.

Contoh 2

Judul artikel: Cara Menghitung Luas Persegi Panjang

Contoh:

Luas persegi panjang dihitung dengan mengalikan panjang dan lebar persegi panjang.

Misalkan, panjang persegi panjang adalah 10 cm dan lebarnya adalah 5 cm. Maka luas persegi panjang tersebut adalah

Luas = panjang x lebar = 10 cm x 5 cm = 50 cm^2 

Pembahasan:

Contoh ini relevan dengan materi yang disampaikan karena membahas tentang cara menghitung luas persegi panjang. Contoh ini juga dilengkapi dengan penjelasan yang lengkap, yaitu rumus menghitung luas persegi panjang. Bahasa yang digunakan dalam contoh ini juga mudah dipahami.

Contoh 3

Judul artikel: Perbedaan Antara Hewan Vertebrata dan Invertebrata

Contoh:

Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Hewan vertebrata dibagi menjadi lima kelas, yaitu ikan, amfibi, reptil, burung, dan mamalia.

Hewan invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Hewan invertebrata dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu porifera, cnidaria, platyhelminthes, nemathelminthes, annelida, arthropoda, moluska, echinodermata, dan chordata.

Pembahasan:

Contoh ini relevan dengan materi yang disampaikan karena membahas tentang perbedaan antara hewan vertebrata dan invertebrata. Contoh ini juga dilengkapi dengan penjelasan yang lengkap, yaitu pembagian hewan vertebrata dan invertebrata. Bahasa yang digunakan dalam contoh ini juga mudah dipahami.