Breaking News

Contoh Soal Uji Kompetensi Arsiparis

Contoh Soal Uji Kompetensi Arsiparis

Uji kompetensi arsiparis merupakan salah satu tahapan seleksi untuk menjadi arsiparis profesional. Uji kompetensi ini bertujuan untuk mengukur kompetensi arsiparis dalam bidang kearsipan, baik dari segi pengetahuan, keterampilan, maupun sikap.

Pada artikel ini, akan dibahas beberapa contoh soal uji kompetensi arsiparis. Soal-soal ini disusun berdasarkan kisi-kisi uji kompetensi arsiparis yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Soal 1

Pertanyaan:

Arsip yang memiliki nilai penting, bermanfaat, dan digunakan secara terus-menerus oleh organisasi atau lembaga disebut sebagai arsip ….

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah arsip vital. Arsip vital adalah arsip yang memiliki nilai penting, bermanfaat, dan digunakan secara terus-menerus oleh organisasi atau lembaga. Arsip vital harus dilindungi dan dirawat dengan baik agar tetap lestari.

Soal 2

Pertanyaan:

Kegiatan pemilihan arsip yang akan dimusnahkan disebut sebagai ….

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah pemusnahan arsip. Pemusnahan arsip adalah kegiatan pemilihan arsip yang akan dimusnahkan. Arsip yang akan dimusnahkan harus memenuhi kriteria tertentu, seperti sudah tidak memiliki nilai guna lagi, sudah tidak digunakan lagi, dan sudah tidak memiliki nilai sejarah.

Soal 3

Pertanyaan:

Kegiatan penyusunan arsip berdasarkan sistem tertentu disebut sebagai ….

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah klasifikasi arsip. Klasifikasi arsip adalah kegiatan penyusunan arsip berdasarkan sistem tertentu. Sistem klasifikasi arsip yang umum digunakan adalah sistem abjad, sistem tanggal, dan sistem subjek.

Soal 4

Pertanyaan:

Kegiatan penemuan kembali arsip yang diperlukan disebut sebagai ….

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah indeks arsip. Indeks arsip adalah kegiatan penemuan kembali arsip yang diperlukan. Indeks arsip dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara, seperti indeks judul, indeks subjek, dan indeks pengarang.

Soal 5

Pertanyaan:

Kegiatan pengumpulan arsip dari berbagai sumber disebut sebagai ….

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah penerimaan arsip. Penerimaan arsip adalah kegiatan pengumpulan arsip dari berbagai sumber. Sumber arsip dapat berupa organisasi, lembaga, maupun perorangan.

Soal-soal di atas hanyalah sebagian contoh soal uji kompetensi arsiparis. Masih banyak soal-soal lain yang bisa muncul dalam ujian. Oleh karena itu, para peserta ujian harus mempersiapkan diri dengan baik dengan mempelajari materi-materi kearsipan yang relevan.

Berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan diri menghadapi uji kompetensi arsiparis:

  • Pelajari materi-materi kearsipan yang relevan, seperti sistem klasifikasi arsip, indeks arsip, pemusnahan arsip, dan penerimaan arsip.
  • Latihan soal uji kompetensi arsiparis secara rutin.
  • Berlatih untuk mengerjakan soal dalam waktu yang terbatas.
  • Berkonsultasi dengan arsiparis profesional untuk mendapatkan arahan dan bimbingan.

Semoga artikel ini dapat membantu para peserta ujian uji kompetensi arsiparis dalam mempersiapkan diri. Semoga sukses!