Tugas Bahasa Indonesia Hal 230

Tugas Bahasa Indonesia Hal 230: Menulis Teks Biografi

Pada buku Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK, halaman 230 terdapat tugas untuk menulis teks biografi. Tugas ini bertujuan untuk melatih siswa memahami dan menulis teks biografi dengan baik dan benar.

Pokok-pokok Informasi dalam Teks Biografi

Teks biografi adalah teks yang menceritakan kehidupan seseorang secara kronologis. Teks biografi biasanya berisi informasi tentang latar belakang keluarga, pendidikan, karier, prestasi, dan pengalaman hidup tokoh.

Berikut adalah pokok-pokok informasi yang harus ada dalam teks biografi:

  • Identitas tokoh: Nama, tempat dan tanggal lahir, latar belakang keluarga, dan pendidikan.
  • Perjalanan hidup tokoh: Pengalaman hidup tokoh, mulai dari masa kecil, remaja, dewasa, hingga masa tua.
  • Prestasi tokoh: Prestasi yang telah diraih tokoh dalam kehidupannya.
  • Pesan moral: Pesan moral yang dapat dipetik dari kehidupan tokoh.

Langkah-langkah Menulis Teks Biografi

Untuk menulis teks biografi, dapat dilakukan langkah-langkah berikut:

  1. Memilih tokoh: Pilihlah tokoh yang menarik untuk dijadikan biografi. Tokoh tersebut dapat berupa tokoh terkenal, tokoh lokal, atau tokoh yang dekat dengan kehidupan siswa.
  2. Mencari informasi: Kumpulkan informasi tentang tokoh yang telah dipilih. Informasi dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti buku, artikel, wawancara, atau internet.
  3. Membuat kerangka teks: Buatlah kerangka teks biografi dengan memperhatikan pokok-pokok informasi yang telah disebutkan sebelumnya.
  4. Menulis teks biografi: Tuliskan teks biografi berdasarkan kerangka yang telah dibuat.
  5. Membaca ulang dan merevisi: Baca ulang teks biografi yang telah ditulis dan lakukan revisi jika diperlukan.

Contoh Teks Biografi

Berikut adalah contoh teks biografi tentang George Saa, seorang fisikawan muda asal Papua yang meraih berbagai prestasi di bidang sains:

George Saa: Si Jenius dari Papua

George Saa lahir di Manokwari, Papua, pada tanggal 28 September 1989. Ia berasal dari keluarga yang sederhana. Ayahnya bekerja sebagai nelayan dan ibunya sebagai ibu rumah tangga.

Sejak kecil, George sudah menunjukkan ketertarikannya pada bidang sains. Ia sering menghabiskan waktunya untuk membaca buku-buku sains. Bakat dan minatnya pada sains semakin terasah ketika ia duduk di bangku SMP.

Di SMP, George sering mengikuti lomba-lomba sains. Ia selalu meraih juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Prestasinya yang gemilang membuat namanya mulai dikenal di kalangan akademisi.

Setelah lulus SMP, George melanjutkan pendidikannya ke SMA Negeri 3 Jayapura. Di SMA, George semakin menunjukkan kecerdasannya. Ia selalu menjadi juara kelas dan sering mewakili sekolahnya dalam berbagai lomba sains.

Pada tahun 2007, George lulus SMA dengan predikat terbaik. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan beasiswa dari Pemerintah Provinsi Papua.

Di ITB, George kembali menunjukkan prestasinya. Ia berhasil meraih gelar sarjana fisika dengan predikat cum laude hanya dalam waktu tiga tahun.

Pada tahun 2010, George lulus dari ITB dan melanjutkan pendidikannya ke Institut Teknologi Massachusetts (MIT) di Amerika Serikat. Di MIT, George berhasil meraih gelar master fisika hanya dalam waktu satu tahun.

Pada tahun 2012, George lulus dari MIT dan melanjutkan pendidikannya ke Harvard University. Di Harvard, George berhasil meraih gelar doktor fisika hanya dalam waktu dua tahun.

George Saa adalah sosok yang inspiratif. Ia telah membuktikan bahwa orang Papua juga bisa berprestasi di bidang sains. Prestasinya telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Pesan Moral

Dari kisah George Saa, kita dapat belajar bahwa semua orang memiliki potensi untuk berprestasi. Kita harus terus belajar dan berkarya untuk mencapai cita-cita kita.

Kesimpulan

Tugas Bahasa Indonesia hal 230 tentang menulis teks biografi merupakan tugas yang penting untuk melatih siswa memahami dan menulis teks biografi dengan baik dan benar. Dengan memahami pokok-pokok informasi dalam teks biografi dan langkah-langkah menulis teks biografi, siswa dapat menulis teks biografi yang berkualitas.

dewahoki303 nagahoki303