Contoh Soal Uji Kompetensi Satpol Pp

Contoh Soal Uji Kompetensi Satpol PP

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merupakan salah satu unsur pelaksana otonomi daerah yang didirikan untuk melaksanakan tugas pamong praja di bidang ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat. Untuk menjadi anggota Satpol PP, diperlukan proses seleksi yang ketat, salah satunya adalah uji kompetensi.

Uji kompetensi Satpol PP terdiri dari dua jenis, yaitu uji kompetensi teknis dan uji kompetensi manajerial. Uji kompetensi teknis bertujuan untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan peserta dalam bidang tugas Satpol PP. Uji kompetensi manajerial bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam mengelola organisasi dan sumber daya manusia.

Berikut adalah beberapa contoh soal uji kompetensi teknis Satpol PP:

1. Petugas Satpol PP sedang melakukan patroli di lingkungan masyarakat. Tiba-tiba, petugas melihat sekelompok orang sedang melakukan kegiatan perjudian. Tindakan yang tepat yang harus dilakukan oleh petugas Satpol PP adalah …

A. Menegur dan membubarkan kelompok tersebut
B. Menghubungi pihak kepolisian untuk menanganinya
C. Menangkap dan membawa kelompok tersebut ke kantor Satpol PP
D. Membiarkan kelompok tersebut melanjutkan kegiatannya

Jawaban: A

Penjelasan:

Pekerjaan Satpol PP adalah memelihara keamanan dan ketertiban umum. Salah satu bentuk gangguan ketertiban umum adalah perjudian. Oleh karena itu, tindakan yang tepat yang harus dilakukan oleh petugas Satpol PP adalah menegur dan membubarkan kelompok tersebut.

2. Seorang warga masyarakat melaporkan kepada petugas Satpol PP bahwa ada seorang pria yang membuang sampah sembarangan. Tindakan yang tepat yang harus dilakukan oleh petugas Satpol PP adalah …

A. Menegur dan memberikan sanksi kepada pria tersebut
B. Menghubungi pihak kebersihan untuk membersihkan sampah tersebut
C. Mengambil sampah tersebut dan membuangnya ke tempat sampah
D. Mencatat identitas pria tersebut dan memberikan peringatan

Jawaban: A

Penjelasan:

Pekerjaan Satpol PP adalah memelihara kebersihan dan keindahan lingkungan. Oleh karena itu, tindakan yang tepat yang harus dilakukan oleh petugas Satpol PP adalah menegur dan memberikan sanksi kepada pria tersebut.

3. Seorang warga masyarakat melaporkan kepada petugas Satpol PP bahwa ada sebuah warung yang menjual minuman keras tanpa izin. Tindakan yang tepat yang harus dilakukan oleh petugas Satpol PP adalah …

A. Menegur dan menutup warung tersebut
B. Menghubungi pihak kepolisian untuk menanganinya
C. Mengambil minuman keras tersebut dan membuangnya
D. Membiarkan warung tersebut tetap beroperasi

Jawaban: A

Penjelasan:

Pekerjaan Satpol PP adalah memelihara ketentraman dan ketertiban umum. Salah satu bentuk gangguan ketentraman umum adalah penjualan minuman keras tanpa izin. Oleh karena itu, tindakan yang tepat yang harus dilakukan oleh petugas Satpol PP adalah menegur dan menutup warung tersebut.

Selain contoh soal di atas, masih banyak lagi soal uji kompetensi teknis Satpol PP yang bisa dipelajari. Untuk mempersiapkan diri mengikuti uji kompetensi, peserta dapat mempelajari materi-materi yang sesuai dengan kisi-kisi soal uji kompetensi yang telah ditetapkan.

Berikut adalah beberapa sumber materi yang dapat digunakan untuk mempersiapkan diri mengikuti uji kompetensi Satpol PP:

  • Buku-buku yang membahas tentang tugas dan fungsi Satpol PP
  • Materi-materi yang tersedia di internet
  • Latihan soal-soal uji kompetensi Satpol PP

Dengan mempersiapkan diri dengan baik, peserta akan lebih siap menghadapi uji kompetensi dan memiliki peluang yang lebih besar untuk lulus seleksi.