Sabtu , April 20 2024

Garut Luncurkan 4 Proyek Strategis Tahun 2024

Garut, 19 Februari 2024 – Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, menandai dimulainya pembangunan empat proyek strategis Kabupaten Garut Tahun 2024 dengan melakukan groundbreaking di Jalan Ibrahim Adjie, Kecamatan Tarogong Kaler, pada hari Senin (19/02/2024).

Keempat proyek tersebut adalah:

  1. Pembangunan lanjutan Jalan Lingkar Cipanas atau Jalan Ibrahim Adjie
  2. Rehabilitasi Jalan Pamalayan – Cicariu – Cikarang Kecamatan Cisewu
  3. Rehabilitasi Jalan Leles – Cangkuang
  4. Rehabilitasi Jalan Cangkuang – Leuwigoong

Antisipasi Pertumbuhan dan Jalan Tol

Pj. Bupati Garut menyatakan bahwa pembangunan ini merupakan langkah antisipasi dari pemerintah daerah dalam menghadapi pertumbuhan pembangunan yang pesat di Kabupaten Garut dan rencana jalan tol yang akan melintas.

“Mungkin dalam 2-3 tahun lagi akan ada jalan tol, saya yakin banyak sekali orang yang akan datang ke Garut, karena Bandung-Garut itu nanti bisa cuman setengah jam, maka solusi untuk orang-orang (luar) Garut mencari rekreasi akan banyak ke Garut,” ujar Barnas.

Ia menekankan pentingnya jalan penghubung yang memadai untuk mendukung jalur tol, khususnya exit tol di Kabupaten Garut.

“Salah satunya kegiatan pembangunan yang belum selesai kemarin (Jalan Ibrahim Adjie), yaitu menyambungkan yang kiri dan kanan tempat kita ini, jadi sekali lagi ini penting, ini prioritas, dan harus bagus hasilnya, dan dikawal oleh semua pihak,” ucapnya.

Proses Pelelangan dan Nilai Kontrak

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, Agus Ismail, menjelaskan bahwa keempat proyek tersebut telah melalui proses pelelangan yang cukup panjang, dimulai sejak tanggal 11 Desember 2023 dan selesai tanggal 19 Januari 2024. Nilai total kontrak untuk keempat proyek tersebut mencapai Rp17,5 Miliar lebih.

Rincian Nilai Kontrak:

  1. Pembangunan jalan lingkar Cipanas atau lanjutan lanjutan Jalan Lingkar Cipanas: Rp3.555.749.901
  2. Rekonstruksi ruas jalan Pamalayan – Cicariu – Cikarang Kecamatan Cisewu: Rp7.832.699.066
  3. Rehabilitasi ruas Jalan Cangkuang – Leuwigoong Kecamatan Leles dan Leuwigoong: Rp4.619.449.782
  4. Rehabilitasi ruas Jalan Leles – Cangkuang Kecamatan Leles: Rp1.501.850.001

Apresiasi dan Harapan

Pihak terkait menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan proyek strategis Kabupaten Garut ini.

“Sehingga Alhamdulillah pada bulan Februari ini kita sudah bisa me-launching dan melakukan groundbreaking untuk proyek-proyek strategis Kabupaten Garut Tahun 2024,” tandasnya.

Pelaksanaan keempat proyek ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah di Kabupaten Garut, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.