Sabtu , April 20 2024

Garut Resmikan Rumah Produksi Bersama, Langkah Maju untuk Industri Kulit Berkualitas

GARUT, GARUT KOTA – Dalam upaya untuk mengangkat standar kualitas produk kulit lokal, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Republik Indonesia, Teten Masduki, bersama Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, meresmikan sebuah fasilitas Rumah Produksi Bersama (RPB) di Jalan Guntur, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, pada hari Sabtu, 17 Februari 2024. Peresmian ini merupakan bagian dari perayaan hari jadi ke-211 Kabupaten Garut dan bertujuan untuk mendukung peningkatan kualitas produk kulit yang telah menjadi salah satu kebanggaan daerah.

Produk kulit Sukaregang di Garut dikenal sebagai salah satu daya tarik utama bagi wisatawan, terkenal dengan keberagamannya serta kualitas yang mampu bersaing di pasar internasional. Pj. Bupati Garut, Barnas Adjidin, menggarisbawahi pentingnya penggunaan RPB yang efektif, mengingat investasi signifikan yang telah ditanamkan untuk peralatan produksi canggih. Barnas menyerukan dukungan dari semua pihak untuk memaksimalkan manfaat RPB bagi kemajuan industri kulit lokal.

RPB, yang dilengkapi dengan teknologi produksi terkini seperti laser cutting yang presisi, diharapkan akan meningkatkan standar produk kulit Garut, tidak hanya dalam kualitas tapi juga dalam efisiensi produksi. Barnas menekankan pentingnya inovasi dan peningkatan kualitas untuk masa depan yang lebih cerah bagi industri kulit Garut.

Menkop UKM RI, Teten Masduki, menambahkan pentingnya menjaga kualitas produk UMKM agar bisa bersaing di pasar yang lebih luas. Beliau berharap RPB dapat mendukung upaya tersebut dengan menyediakan akses ke peralatan produksi yang lebih modern dan efisien. Teten juga menekankan perlunya manajemen yang baik dan pembaruan peralatan secara berkala untuk memastikan perkembangan bisnis yang berkelanjutan.

Dengan adanya RPB, diharapkan pelaku UMKM di sektor kulit dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi, memperkuat posisi mereka di pasar. Teten menekankan konsep di balik pembangunan RPB bukan hanya sebagai fasilitas fisik, tapi sebagai langkah awal menuju industrialisasi yang lebih maju, dengan produk yang terus berkembang dalam kualitas.

Inisiatif ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dan pusat dalam mendukung UMKM dan industri kulit lokal, dengan harapan dapat membawa kemajuan ekonomi dan inovasi bagi Kabupaten Garut dan sektor kulitnya.