Kamis , April 18 2024

Jawaban Ips Kls 8 Hal 202

Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 202: Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia

Pada halaman 202 buku IPS kelas 8, terdapat tugas aktivitas kelompok yang membahas tentang kedatangan bangsa Barat ke Indonesia. Tugas ini terdiri dari beberapa pertanyaan yang meminta siswa untuk menjelaskan tentang faktor-faktor yang mendorong kedatangan bangsa Barat ke Indonesia, tujuan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia, dan pengaruh kedatangan bangsa Barat ke Indonesia.

Faktor-faktor yang mendorong kedatangan bangsa Barat ke Indonesia

Terdapat beberapa faktor yang mendorong kedatangan bangsa Barat ke Indonesia, yaitu:

  • Faktor ekonomi. Bangsa Barat tertarik untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di Indonesia. Rempah-rempah pada masa itu sangat diminati oleh masyarakat Eropa karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi.
  • Faktor politik. Bangsa Barat ingin menguasai wilayah Indonesia untuk kepentingan politik mereka. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan wilayah yang strategis dan kaya akan sumber daya alam.
  • Faktor agama. Bangsa Barat ingin menyebarkan agama Kristen di Indonesia. Mereka menganggap bahwa agama Kristen adalah agama yang paling benar dan ingin menjadikan Indonesia sebagai wilayah Kristen.

Tujuan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia

Tujuan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia berbeda-beda, tergantung pada bangsanya masing-masing. Secara umum, tujuan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia adalah untuk:

  • Menguasai perdagangan rempah-rempah. Bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda merupakan bangsa-bangsa yang sangat tertarik untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di Indonesia.
  • Menguasai wilayah Indonesia. Bangsa Inggris dan Prancis juga ingin menguasai wilayah Indonesia untuk kepentingan politik dan ekonomi mereka.
  • Menyebarkan agama Kristen. Bangsa Portugis dan Belanda juga ingin menyebarkan agama Kristen di Indonesia.

Pengaruh kedatangan bangsa Barat ke Indonesia

Kedatangan bangsa Barat ke Indonesia memiliki pengaruh yang besar, baik positif maupun negatif. Pengaruh positif kedatangan bangsa Barat ke Indonesia antara lain:

  • Penyebaran agama Kristen. Agama Kristen mulai menyebar di Indonesia sejak kedatangan bangsa Portugis dan Belanda.
  • Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bangsa Barat membawa berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi baru ke Indonesia.
  • Pembentukan lembaga pendidikan. Bangsa Barat mendirikan berbagai lembaga pendidikan di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat Indonesia.

Pengaruh negatif kedatangan bangsa Barat ke Indonesia antara lain:

  • Penderitaan rakyat Indonesia. Bangsa Barat melakukan berbagai penindasan dan pemerasan terhadap rakyat Indonesia.
  • Perubahan budaya Indonesia. Bangsa Barat membawa budaya mereka ke Indonesia dan menyebabkan terjadinya perubahan budaya di Indonesia.
  • Penyerahan kedaulatan Indonesia. Bangsa Barat menguasai Indonesia selama ratusan tahun dan menyebabkan Indonesia kehilangan kedaulatannya.

Pembahasan

Pada tugas aktivitas kelompok halaman 202, siswa diminta untuk menjelaskan tentang faktor-faktor yang mendorong kedatangan bangsa Barat ke Indonesia, tujuan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia, dan pengaruh kedatangan bangsa Barat ke Indonesia.

Berikut adalah pembahasan tentang tugas aktivitas kelompok tersebut:

Faktor-faktor yang mendorong kedatangan bangsa Barat ke Indonesia

Pada faktor ekonomi, siswa dapat menjelaskan bahwa bangsa Barat tertarik untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di Indonesia. Rempah-rempah pada masa itu sangat diminati oleh masyarakat Eropa karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Hal ini menyebabkan bangsa Barat berlomba-lomba untuk mencari sumber rempah-rempah di Indonesia.

Pada faktor politik, siswa dapat menjelaskan bahwa bangsa Barat ingin menguasai wilayah Indonesia untuk kepentingan politik mereka. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan wilayah yang strategis dan kaya akan sumber daya alam. Bangsa Barat menganggap bahwa dengan menguasai Indonesia, mereka dapat memperkuat posisi politik mereka di dunia.

Pada faktor agama, siswa dapat menjelaskan bahwa bangsa Barat ingin menyebarkan agama Kristen di Indonesia. Mereka menganggap bahwa agama Kristen adalah agama yang paling benar dan ingin menjadikan Indonesia sebagai wilayah Kristen.

Tujuan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia

Pada tujuan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia, siswa dapat menjelaskan bahwa tujuan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia berbeda-beda, tergantung pada bangsanya masing-masing. Secara umum, tujuan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia adalah untuk menguasai perdagangan rempah-rempah, menguasai wilayah Indonesia, dan menyebarkan agama Kristen.

Pengaruh kedatangan bangsa Barat ke Indonesia

Pada pengaruh kedatangan bangsa Barat ke Indonesia, siswa dapat menjelaskan bahwa kedatangan bangsa Barat ke Indonesia memiliki pengaruh yang besar, baik positif maupun negatif. Pengaruh positif kedatangan bangsa Barat ke Indonesia antara lain adalah penyebaran agama Kristen, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan pembentukan lembaga pendidikan. Pengaruh negatif kedatangan bangsa Barat ke Indonesia antara lain adalah penderitaan rakyat Indonesia, perubahan budaya Indonesia, dan penyerahan kedaulatan Indonesia.