Minggu , Juni 16 2024

Kabupaten Garut Siap Berangkatkan 2.003 Calon Jemaah Haji Tahun 2024

Tarogong Kidul, Garut – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut mendeklarasikan kesiapannya untuk memberangkatkan 2.003 calon jemaah haji (CJH) ke Tanah Suci guna menunaikan ibadah haji tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi. Persiapan matang telah dilakukan untuk memastikan kelancaran dan kekhusyukan ibadah para CJH.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Garut, Saepulloh, menegaskan komitmennya untuk memberikan pelayanan prima bagi para CJH. “Prioritas kami adalah memastikan para CJH merasa nyaman, aman, dan damai selama prosesi pemberangkatan dan pelaksanaan ibadah haji,” ujar Saepulloh. Beliau berharap dengan kondisi yang kondusif dan penuh kebahagiaan, para CJH dapat fokus beribadah dengan khusyuk.

Berbagai langkah konkret telah diambil Kemenag Garut untuk meningkatkan kualitas layanan, termasuk:

  • Optimalisasi Pembagian Kloter: CJH akan diberangkatkan dalam 5 kloter, dengan total 40 petugas haji yang siap mendampingi.
  • Jadwal Keberangkatan yang Jelas: Jadwal keberangkatan telah ditetapkan, mulai dari 10 Mei hingga 5 Juni 2024, dengan rincian per kloter dan tanggal keberangkatan yang tertera pada berita sebelumnya.
  • Keamanan dan Ketertiban: Pengaturan parkir, penertiban pengantar CJH, dan pembatasan jumlah perwakilan yang diperbolehkan masuk ke area Pendopo Garut diberlakukan untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama prosesi pemberangkatan.
  • Kebutuhan Jemaah Terpenuhi: Bus dan konsumsi CJH selama perjalanan telah dipersiapkan untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran perjalanan.

Berikut Jadwal Keberangkatan Calon Jamaah Haji Indonesia Kabupaten Garut 1445 H/2924 M :
1. Kloter 02 Gelombang 1 berangkat dari Pendopo Garut pada tanggal 10 Mei 2024 pukul 20.30 WIB
2. Kloter 16 Gelombang 1 berangkat dari Pendopo Garut pada tanggal 16 Mei 2024 pukul 18.30 WIB
3. Kloter 31 Gelombang 2 berangkat dari Pendopo Garut pada tanggal 24 Mei 2024 pukul 18.30 WIB
4. Kloter 39 Gelombang 2 berangkat dari Pendopo Garut pada tanggal 29 Mei 2024 pukul 02.30 WIB
5. Kloter 55 Gelombang 2 berangkat dari Pendopo Garut pada tanggal 5 Juni 2024 pukul 02.30 WIB

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Setda Kabupaten Garut, Bambang Hafidz, menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, Kemenag Garut, dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), untuk menyukseskan penyelenggaraan haji tahun ini. Evaluasi menyeluruh dari penyelenggaraan haji tahun sebelumnya juga dilakukan, dengan fokus pada peningkatan aspek keamanan, arus lalu lintas, dan kenyamanan CJH selama perjalanan.

Saepulloh dan Bambang berharap seluruh CJH dapat mengikuti arahan dan aturan yang telah ditetapkan dengan baik. Doa dan dukungan dari seluruh masyarakat juga diharapkan untuk kelancaran dan kesuksesan ibadah haji tahun ini.