Kisi-Kisi Prakarya: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya
Prakarya adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di jenjang pendidikan dasar dan menengah, mulai dari SD hingga SMA. Mata pelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas, keterampilan, dan sikap positif siswa dalam berkarya.
Salah satu komponen penting dalam evaluasi pembelajaran prakarya adalah kisi-kisi soal. Kisi-kisi soal merupakan acuan dalam penyusunan soal-soal ujian atau penilaian. Kisi-kisi soal prakarya disusun berdasarkan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) yang telah ditetapkan.
Pengertian Kisi-Kisi Prakarya
Kisi-kisi soal prakarya adalah suatu format yang memuat kriteria atau ruang lingkup materi yang akan diujikan. Kisi-kisi soal prakarya disusun untuk menjamin bahwa soal-soal ujian yang disusun mencakup seluruh materi yang telah dipelajari siswa.
Kisi-kisi soal prakarya biasanya memuat beberapa komponen, yaitu:
- Kompetensi inti (KI)
- Kompetensi dasar (KD)
- Materi pokok
- Indikator pencapaian kompetensi
- Bentuk soal
Fungsi Kisi-Kisi Prakarya
Kisi-kisi soal prakarya memiliki beberapa fungsi, yaitu:
- Sebagai acuan dalam penyusunan soal-soal ujian atau penilaian
- Mejamin bahwa soal-soal ujian yang disusun mencakup seluruh materi yang telah dipelajari siswa
- Membantu guru dalam menentukan materi yang akan diujikan
- Membantu guru dalam menentukan bentuk soal yang akan digunakan
Cara Membuat Kisi-Kisi Prakarya
Untuk membuat kisi-kisi soal prakarya, langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
- Menentukan KI dan KD
Langkah pertama dalam membuat kisi-kisi soal prakarya adalah menentukan KI dan KD yang akan diujikan. KI dan KD dapat diperoleh dari silabus prakarya yang telah ditetapkan.
- Menentukan materi pokok
Setelah menentukan KI dan KD, langkah selanjutnya adalah menentukan materi pokok yang akan diujikan. Materi pokok dapat diperoleh dari buku pelajaran prakarya atau sumber-sumber lain yang relevan.
- Menentukan indikator pencapaian kompetensi
Indikator pencapaian kompetensi merupakan gambaran dari kemampuan siswa yang diukur berdasarkan KI dan KD. Indikator pencapaian kompetensi dapat disusun dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur.
- Menentukan bentuk soal
Bentuk soal yang digunakan dalam ujian prakarya dapat berupa soal pilihan ganda, soal uraian, atau soal praktik.
Berikut adalah contoh kisi-kisi soal prakarya kelas 7 semester ganjil:
Kompetensi Inti
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, dan manfaat bahan pangan
Materi Pokok
- Jenis bahan pangan
- Sifat bahan pangan
- Manfaat bahan pangan
Indikator Pencapaian Kompetensi
- Menjelaskan jenis-jenis bahan pangan
- Menjelaskan sifat-sifat bahan pangan
- Menjelaskan manfaat bahan pangan
Bentuk Soal
- Pilihan ganda (5 soal)
- Uraian (2 soal)
Dengan adanya kisi-kisi soal prakarya, guru dapat menyusun soal-soal ujian yang lebih terarah dan sesuai dengan materi yang telah dipelajari siswa. Kisi-kisi soal prakarya juga dapat membantu guru dalam menentukan materi yang akan diujikan dan bentuk soal yang akan digunakan.