Breaking News

Sebuah Teks Biografi Dikatakan Faktual Jika Berdasarkan

Sebuah Teks Biografi Dikatakan Faktual Jika Berdasarkan

Teks biografi adalah jenis teks yang berisi riwayat hidup seseorang, baik tokoh terkenal maupun tokoh biasa. Teks biografi bertujuan untuk menceritakan perjalanan hidup seseorang, mulai dari lahir, tumbuh, berkembang, hingga mencapai kesuksesan.

Sebuah teks biografi dikatakan faktual jika berdasarkan pengalaman hidup seseorang. Artinya, teks biografi harus menyajikan informasi yang benar dan sesuai dengan kenyataan. Hal ini penting agar pembaca dapat memperoleh informasi yang akurat tentang tokoh yang diceritakan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sebuah teks biografi dikatakan faktual, yaitu:

  • Penggunaan sumber yang terpercaya

Sumber yang digunakan untuk menulis teks biografi haruslah terpercaya, seperti buku biografi, dokumen resmi, atau wawancara dengan tokoh yang bersangkutan. Penggunaan sumber yang tidak terpercaya dapat menyebabkan teks biografi menjadi tidak faktual.

  • Keakuratan informasi

Informasi yang disajikan dalam teks biografi haruslah akurat dan tidak mengandung kesalahan. Penulis harus memastikan bahwa informasi yang disajikan telah diverifikasi kebenarannya.

  • Kelengkapan informasi

Teks biografi harus menyajikan informasi yang lengkap tentang tokoh yang diceritakan, mulai dari latar belakang keluarga, pendidikan, karier, hingga pencapaiannya. Informasi yang tidak lengkap dapat menyebabkan teks biografi menjadi kurang informatif.

Berikut adalah beberapa contoh teks biografi yang dikatakan faktual:

  • "Biografi Soekarno" karya Cindy Adams

Buku ini menceritakan perjalanan hidup Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia. Buku ini ditulis berdasarkan wawancara dengan Soekarno dan berbagai sumber terpercaya lainnya.

  • "Biografi Albert Einstein" karya Walter Isaacson

Buku ini menceritakan perjalanan hidup Albert Einstein, fisikawan jenius yang menemukan teori relativitas umum. Buku ini ditulis berdasarkan penelitian yang mendalam terhadap kehidupan Einstein.

  • "Biografi Marie Curie" karya Eve Curie

Buku ini menceritakan perjalanan hidup Marie Curie, ilmuwan wanita yang menemukan unsur radium dan polonium. Buku ini ditulis oleh putri Marie Curie sendiri.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, penulis dapat menulis teks biografi yang faktual dan informatif.