Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 178

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 178

Pada halaman 178 buku Bahasa Indonesia kelas 8 Kurikulum Merdeka, terdapat materi tentang menemukan fakta dalam teks pidato. Materi ini bertujuan untuk melatih siswa dalam memahami dan mengidentifikasi fakta dalam teks pidato.

Soal

Berikut adalah soal yang terdapat pada halaman 178 buku Bahasa Indonesia kelas 8 Kurikulum Merdeka:

  1. Bacalah teks pidato berikut dengan saksama!

Teks Pidato

Saudara-saudara sekalian,

Sampah merupakan permasalahan yang kompleks di Indonesia. Sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti pencemaran lingkungan, banjir, dan penyakit. Oleh karena itu, kita perlu bersama-sama untuk mengatasi permasalahan sampah ini.

Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan sampah adalah dengan memilah sampah. Sampah yang sudah dipilah dapat diolah menjadi barang yang bermanfaat, seperti kompos, pupuk, dan kerajinan tangan. Dengan memilah sampah, kita dapat mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Selain memilah sampah, kita juga perlu mengurangi penggunaan barang-barang yang tidak ramah lingkungan. Barang-barang yang tidak ramah lingkungan, seperti plastik sekali pakai, dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Oleh karena itu, kita perlu mulai menggunakan barang-barang yang ramah lingkungan, seperti tas belanja kain dan botol minum isi ulang.

Marilah kita bersama-sama untuk mengatasi permasalahan sampah di Indonesia. Dengan kerja sama kita, kita dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

  1. Temukan fakta dalam teks pidato tersebut!

Jawaban

Berikut adalah fakta-fakta yang terdapat dalam teks pidato tersebut:

  • Sampah merupakan permasalahan yang kompleks di Indonesia.
  • Sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti pencemaran lingkungan, banjir, dan penyakit.
  • Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan sampah adalah dengan memilah sampah.
  • Sampah yang sudah dipilah dapat diolah menjadi barang yang bermanfaat, seperti kompos, pupuk, dan kerajinan tangan.
  • Dengan memilah sampah, kita dapat mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).
  • Barang-barang yang tidak ramah lingkungan, seperti plastik sekali pakai, dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.
  • Kita perlu mulai menggunakan barang-barang yang ramah lingkungan, seperti tas belanja kain dan botol minum isi ulang.

Pembahasan

Fakta merupakan informasi yang benar dan dapat dibuktikan. Dalam teks pidato, fakta dapat ditemukan dalam pernyataan yang didukung oleh data atau bukti. Pada teks pidato di halaman 178, fakta-fakta tersebut dapat ditemukan dalam kalimat-kalimat yang bercetak tebal.

Kalimat-kalimat tersebut merupakan pernyataan yang benar dan dapat dibuktikan dengan data atau bukti. Misalnya, kalimat "Sampah merupakan permasalahan yang kompleks di Indonesia" dapat dibuktikan dengan data dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) yang menyatakan bahwa Indonesia menghasilkan 67,8 juta ton sampah per tahun.

Dengan memahami fakta-fakta dalam teks pidato, kita dapat lebih memahami isi teks pidato tersebut. Selain itu, kita juga dapat mengetahui informasi-informasi yang benar dan dapat dibuktikan.

Tips Menemukan Fakta dalam Teks Pidato

Berikut adalah beberapa tips untuk menemukan fakta dalam teks pidato:

  • Perhatikan kalimat-kalimat yang bercetak tebal atau digarisbawahi. Kalimat-kalimat tersebut biasanya merupakan pernyataan yang penting.
  • Cari kalimat-kalimat yang didukung oleh data atau bukti.
  • Jika menemukan kalimat yang meragukan, cek kembali kebenarannya dengan sumber lain.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, kita dapat lebih mudah menemukan fakta dalam teks pidato.