Kamis , April 18 2024

Kunci Jawaban Post Test Topik 2 Modul 2

Kunci Jawaban Post Test Topik 2 Modul 2 Kurikulum Merdeka

Post Test Topik 2 Modul 2 Kurikulum Merdeka merupakan salah satu tahapan dalam Pelatihan Mandiri Merdeka Mengajar. Topik 2 membahas tentang Pembelajaran Versi Kurikulum Merdeka. Soal-soal dalam Post Test Topik 2 ini bertujuan untuk mengukur pemahaman guru tentang materi pembelajaran versi Kurikulum Merdeka.

Berikut ini adalah kunci jawaban Post Test Topik 2 Modul 2 Kurikulum Merdeka:

Soal 1

Ki Hadjar Dewantara mendefinisikan ‘Pendidikan’ sebagai "tuntunan" artinya …

  • A. Pendidikan adalah proses pembelajaran
  • B. Pendidikan adalah proses bimbingan
  • C. Pendidikan adalah proses pengangkatan derajat
  • D. Pendidikan adalah proses pendewasaan

Kunci Jawaban:D. Pendidikan adalah proses pendewasaan

Penjelasan:

Ki Hadjar Dewantara mendefinisikan pendidikan sebagai "tuntunan dalam hidup tumbuhnya budi pekerti". Tuntunan dalam hal ini berarti bimbingan dan pengarahan. Pendidikan adalah proses bimbingan dan pengarahan untuk menuntun anak tumbuh dan berkembang secara optimal, baik secara fisik, mental, maupun spiritual. Pendidikan juga bertujuan untuk membentuk anak menjadi pribadi yang dewasa, yaitu pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, dan berjiwa Pancasila.

Soal 2

Apa definisi dari ‘mendidik’ yang paling tepat menurut Ki Hadjar Dewantara?

  • A. Mendidik adalah memindahkan pengetahuan dari guru ke siswa
  • B. Mendidik adalah membentuk karakter siswa agar menjadi manusia yang baik
  • C. Mendidik adalah mengembangkan potensi siswa secara optimal
  • D. Mendidik adalah mengantarkan siswa menjadi manusia yang merdeka

Kunci Jawaban:C. Mendidik adalah mengembangkan potensi siswa secara optimal

Penjelasan:

Ki Hadjar Dewantara berpendapat bahwa mendidik adalah mengembangkan potensi siswa secara optimal. Potensi siswa meliputi potensi fisik, mental, dan spiritual. Dengan mengembangkan potensi siswa secara optimal, maka siswa akan menjadi pribadi yang utuh dan bermartabat.

Soal 3

Salah satu perubahan struktur kurikulum pada Kurikulum Merdeka di jenjang SMP adalah …

  • A. Pembagian kelas berdasarkan minat siswa
  • B. Pembagian kelas berdasarkan kemampuan siswa
  • C. Pembagian kelas berdasarkan lokasi geografis
  • D. Pembagian kelas berdasarkan kurikulum nasional

Kunci Jawaban:B. Pembagian kelas berdasarkan kemampuan siswa

Penjelasan:

Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan untuk menentukan struktur kurikulumnya sendiri. Salah satu perubahan struktur kurikulum yang dapat dilakukan adalah pembagian kelas berdasarkan kemampuan siswa. Dengan pembagian kelas berdasarkan kemampuan siswa, maka siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Soal 4

Bu Sondang mengajar di sebuah sekolah di daerah pegunungan dan perkebunan. Siswa-siswanya memiliki latar belakang yang beragam, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun budaya. Bu Sondang ingin merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswanya.

Langkah yang tepat yang dapat dilakukan Bu Sondang adalah …

  • A. Melakukan asesmen awal untuk mengetahui kebutuhan dan kemampuan siswa
  • B. Menerapkan pembelajaran yang berpusat pada guru
  • C. Menerapkan pembelajaran yang berpusat pada materi
  • D. Menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa

Kunci Jawaban:A. Melakukan asesmen awal untuk mengetahui kebutuhan dan kemampuan siswa

Penjelasan:

Langkah pertama yang perlu dilakukan Bu Sondang adalah melakukan asesmen awal untuk mengetahui kebutuhan dan kemampuan siswanya. Dengan mengetahui kebutuhan dan kemampuan siswa, maka Bu Sondang dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan siswanya.

Soal 5

Di awal tahun pelajaran, Bu Sari mengidentifikasi murid di kelasnya (fase C) masih memiliki kemampuan membaca. Untuk membantu murid-muridnya tersebut, Bu Sari melakukan …

  • A. Pembelajaran remedial
  • B. Pembelajaran pengayaan
  • C. Pembelajaran inklusi
  • D. Pembelajaran terdiferensiasi

Kunci Jawaban:A. Pembelajaran remedial

Penjelasan:

Pembelajaran remedial adalah pembelajaran yang diberikan kepada siswa yang belum mencapai kompetensi yang diharapkan. Dalam hal ini, Bu Sari dapat memberikan pembelajaran remedial kepada murid-muridnya yang masih memiliki kemampuan membaca.

Soal 6

Pak Ardianto bekerja sebagai guru di sebuah sekolah di perkotaan. Ia ingin mengembangkan karakter gotong royong siswanya. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pak Ardianto dapat melakukan …

  • A. Mengadakan kegiatan ekstrakurikuler
  • B. Mengadakan kerja bakti di sekolah
  • C. Mengadakan diskusi