Kunci Jawaban Detik Detik Kelas 6 2020 Bahasa Indonesia Halaman 38

Kunci Jawaban Detik Detik Kelas 6 2020 Bahasa Indonesia Halaman 38

Pada halaman 38 buku Detik Detik Kelas 6 2020 Bahasa Indonesia, terdapat beberapa soal latihan yang dapat dikerjakan oleh siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Soal-soal tersebut terdiri dari berbagai jenis, mulai dari soal pilihan ganda, soal isian, soal uraian, hingga soal esai.

Berikut ini adalah pembahasan lengkap tentang kunci jawaban Detik Detik Kelas 6 2020 Bahasa Indonesia halaman 38:

Soal 1

Pada paragraf keenam, kalimat yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang adalah (C) karena. Kalimat rumpang tersebut merupakan kalimat sebab-akibat, sehingga kata penghubung yang tepat adalah kata penghubung sebab. Kata penghubung "karena" menunjukkan adanya hubungan sebab-akibat antara dua hal.

Penjelasan:

Kalimat rumpang tersebut memiliki arti "Para pemuda dari berbagai daerah berkumpul di Jakarta pada tanggal 28 Oktober 1928 untuk …. ". Kata "untuk" menunjukkan adanya hubungan sebab-akibat antara berkumpulnya para pemuda di Jakarta pada tanggal 28 Oktober 1928 dengan sesuatu yang akan mereka lakukan. Hal yang akan mereka lakukan tersebut adalah mengucapkan ikrar yang menyatukan mereka sebagai satu bangsa.

Soal 2

Pada paragraf ketujuh, kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang adalah (A) bersatu. Kata "bersama" menunjukkan adanya kebersamaan atau kesatuan. Dalam kalimat rumpang tersebut, kata "bersama" menunjukkan adanya kesatuan bangsa Indonesia.

Penjelasan:

Kalimat rumpang tersebut memiliki arti "Para pemuda dari berbagai daerah mengucapkan ikrar untuk …. ". Kata "untuk" menunjukkan adanya tujuan dari ikrar tersebut. Tujuan dari ikrar tersebut adalah untuk menyatukan bangsa Indonesia.

Soal 3

Pada paragraf kedelapan, kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang adalah (D) diucapkan. Kata "diucapkan" menunjukkan adanya tindakan mengucapkan. Dalam kalimat rumpang tersebut, kata "diucapkan" menunjukkan bahwa ikrar tersebut telah diucapkan oleh para pemuda dari berbagai daerah.

Penjelasan:

Kalimat rumpang tersebut memiliki arti "Ikrar tersebut …. oleh para pemuda dari berbagai daerah pada tanggal 28 Oktober 1928.". Kata "pada" menunjukkan adanya waktu terjadinya peristiwa. Dalam hal ini, peristiwa yang terjadi adalah pengucapan ikrar oleh para pemuda dari berbagai daerah.

Soal 4

Pada paragraf kesembilan, kalimat yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang adalah (B) Sumpah Pemuda. Kalimat rumpang tersebut merupakan kalimat definisi, sehingga kata yang tepat untuk melengkapinya adalah kata yang menjelaskan makna dari ikrar yang diucapkan oleh para pemuda dari berbagai daerah pada tanggal 28 Oktober 1928.

Penjelasan:

Kalimat rumpang tersebut memiliki arti "Ikrar yang diucapkan oleh para pemuda dari berbagai daerah pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan …. ". Ikrar tersebut merupakan Sumpah Pemuda, yaitu ikrar yang menyatukan bangsa Indonesia sebagai satu bangsa, satu tanah air, dan satu bahasa.

Soal 5

Pada paragraf kesepuluh, kalimat yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang adalah (C) menjadi tonggak sejarah. Kata "tonggak sejarah" menunjukkan adanya peristiwa penting yang menjadi awal dari suatu perubahan. Dalam hal ini, peristiwa penting yang dimaksud adalah pengucapan Sumpah Pemuda.

Penjelasan:

Kalimat rumpang tersebut memiliki arti "Sumpah Pemuda …. bagi bangsa Indonesia.". Sumpah Pemuda menjadi tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia karena merupakan awal dari perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang kunci jawaban Detik Detik Kelas 6 2020 Bahasa Indonesia halaman 38. Semoga pembahasan ini dapat membantu siswa dalam memahami materi dan mempersiapkan diri menghadapi USBN.