Kunci Jawaban Ips Detik Detik Kelas 6 2020

Kunci Jawaban Ips Detik Detik Kelas 6 2020

Buku Detik Detik merupakan buku yang berisi kumpulan soal dan pembahasan untuk persiapan ujian sekolah (US) dan ujian nasional (UN). Buku ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi yang ingin mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian.

Salah satu bagian yang terdapat dalam buku Detik Detik adalah soal dan pembahasan IPS. Soal IPS dalam buku ini terdiri dari berbagai materi, mulai dari geografi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi.

Berikut ini adalah pembahasan lengkap tentang kunci jawaban IPS Detik Detik Kelas 6 2020:

Soal No. 1

Pemerintah Indonesia melakukan pembangunan infrastruktur secara intensif pada masa pemerintahan Orde Baru. Tujuan pembangunan infrastruktur tersebut adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan ketahanan pangan.

Pembangunan infrastruktur yang dilakukan pada masa pemerintahan Orde Baru meliputi pembangunan jalan, jembatan, pelabuhan, bandara, bendungan, irigasi, dan pembangkit listrik. Pembangunan infrastruktur ini bertujuan untuk:

  • Meningkatkan konektivitas antar wilayah di Indonesia, sehingga mempermudah mobilitas orang dan barang.
  • Meningkatkan aksesibilitas masyarakat ke berbagai fasilitas umum, seperti sekolah, rumah sakit, dan pasar.
  • Meningkatkan produktivitas sektor pertanian, sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Soal No. 2

Pada masa pemerintahan Orde Baru, pemerintah Indonesia melakukan pembangunan di berbagai bidang. Salah satu bidang pembangunan yang dilakukan adalah pembangunan ekonomi.

Pembangunan ekonomi pada masa pemerintahan Orde Baru difokuskan pada pertumbuhan ekonomi. Pemerintah menerapkan berbagai kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, seperti:

  • Melakukan investasi di berbagai sektor ekonomi, seperti industri, pertanian, dan pariwisata.
  • Meningkatkan ekspor dan mengurangi impor.
  • Melakukan reformasi birokrasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemerintahan.

Pembangunan ekonomi yang dilakukan pada masa pemerintahan Orde Baru berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pada periode 1969-1998, pertumbuhan ekonomi Indonesia rata-rata mencapai 6,7% per tahun.

Soal No. 3

Pada masa pemerintahan Orde Baru, pemerintah Indonesia juga melakukan pembangunan di bidang sosial. Pembangunan sosial pada masa ini difokuskan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, seperti:

  • Meningkatkan pembangunan infrastruktur sosial, seperti sekolah, rumah sakit, dan perumahan.
  • Meningkatkan akses masyarakat ke berbagai pelayanan sosial, seperti kesehatan dan pendidikan.
  • Meningkatkan perlindungan sosial bagi masyarakat miskin dan rentan.

Pembangunan sosial yang dilakukan pada masa pemerintahan Orde Baru berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada periode 1969-1998, tingkat kemiskinan di Indonesia menurun dari 60,1% menjadi 11,9%.

Soal No. 4

Pada masa pemerintahan Orde Baru, pemerintah Indonesia juga melakukan pembangunan di bidang budaya. Pembangunan budaya pada masa ini difokuskan pada pelestarian dan pengembangan budaya Indonesia, seperti:

  • Membangun museum dan pusat kebudayaan.
  • Mendukung kegiatan seni dan budaya.
  • Melestarikan warisan budaya nasional.

Pembangunan budaya yang dilakukan pada masa pemerintahan Orde Baru berhasil meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap budaya Indonesia. Pada periode 1969-1998, berbagai kegiatan seni dan budaya tradisional mulai digemari oleh masyarakat luas.

Soal No. 5

Pada masa pemerintahan Orde Baru, pemerintah Indonesia juga melakukan pembangunan di bidang pendidikan. Pembangunan pendidikan pada masa ini difokuskan pada peningkatan kualitas pendidikan, seperti:

  • Membangun sekolah-sekolah baru.
  • Meningkatkan kualitas guru.
  • Menerapkan berbagai kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Pembangunan pendidikan yang dilakukan pada masa pemerintahan Orde Baru berhasil meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pada periode 1969-1998, angka partisipasi pendidikan dasar meningkat dari 57,1% menjadi 90,8%.

dewahoki303 nagahoki303