Breaking News

Kunci Jawaban Detik Detik Sd 2020 Bahasa Indonesia Halaman 38

Kunci Jawaban Detik Detik Sd 2020 Bahasa Indonesia Halaman 38

Buku Detik Detik Sd 2020 merupakan salah satu buku yang banyak digunakan oleh siswa kelas 6 SD untuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Buku ini berisi soal-soal latihan yang disusun berdasarkan kisi-kisi USBN.

Pada halaman 38, terdapat beberapa soal latihan bahasa Indonesia. Berikut adalah kunci jawabannya:

Soal 1

Perhatikan kutipan teks berikut!

Pada suatu hari, ada seorang anak bernama Budi yang sedang berjalan-jalan di hutan. Tiba-tiba, ia melihat seekor ular sedang memakan seekor burung. Budi sangat sedih melihat itu. Ia pun mengambil tongkat dan memukul ular itu. Ular itu pun mati.

Budi sangat senang karena ia telah menyelamatkan burung itu. Ia pun membawa burung itu pulang dan merawatnya dengan baik.

Pertanyaan:

Nilai moral yang terkandung dalam kutipan teks tersebut adalah …

Jawaban:

Nilai moral yang terkandung dalam kutipan teks tersebut adalah menolong sesama. Budi menolong burung yang sedang dimakan ular. Ia tidak tega melihat burung itu mati.

Pembahasan:

Dalam kutipan teks tersebut, Budi menunjukkan sikap peduli terhadap makhluk hidup lain. Ia tidak tega melihat burung itu mati. Oleh karena itu, ia menolong burung itu dengan memukul ular yang memakannya.

Soal 2

Perhatikan kalimat berikut!

Kemarin, ayahku pergi ke pasar untuk membeli beras.

Pertanyaan:

Kalimat tersebut termasuk kalimat …

Jawaban:

Kalimat tersebut termasuk kalimat kalimat berita. Kalimat berita adalah kalimat yang berisi informasi atau berita. Kalimat tersebut berisi informasi tentang kegiatan yang dilakukan oleh ayah.

Pembahasan:

Kalimat tersebut dimulai dengan kata kerja transitif, yaitu pergi. Kata kerja transitif adalah kata kerja yang membutuhkan objek. Objek dari kata kerja pergi dalam kalimat tersebut adalah pasar.

Soal 3

Perhatikan kalimat berikut!

Ayo, kita ke taman!

Pertanyaan:

Kalimat tersebut termasuk kalimat …

Jawaban:

Kalimat tersebut termasuk kalimat kalimat ajakan. Kalimat ajakan adalah kalimat yang berisi ajakan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu. Kalimat tersebut mengajak orang lain untuk pergi ke taman.

Pembahasan:

Kalimat tersebut dimulai dengan kata ajakan, yaitu ayo. Kata ajakan adalah kata yang digunakan untuk mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu.

Soal 4

Perhatikan kalimat berikut!

Buku itu sangat menarik.

Pertanyaan:

Imbuhan -kan dalam kata menarik berfungsi sebagai …

Jawaban:

Imbuhan -kan dalam kata menarik berfungsi sebagai imbuhan pembentuk kata kerja pasif. Kata menarik merupakan kata kerja aktif yang berubah menjadi kata kerja pasif.

Pembahasan:

Imbuhan -kan dapat mengubah kata kerja aktif menjadi kata kerja pasif. Kata menarik merupakan kata kerja aktif yang berarti menawan. Jika diberi imbuhan -kan, kata menarik menjadi menarik yang berarti ditarik.

Soal 5

Perhatikan kalimat berikut!

Adik membeli sekotak pensil.

Pertanyaan:

Kata membeli dalam kalimat tersebut termasuk kata kerja transitif atau kata kerja intransitif?

Jawaban:

Kata membeli dalam kalimat tersebut termasuk kata kerja transitif. Kata kerja transitif adalah kata kerja yang membutuhkan objek. Objek dari kata kerja membeli dalam kalimat tersebut adalah sekotak pensil.

Pembahasan:

Kata kerja membeli membutuhkan objek untuk melengkapi artinya. Objek dari kata kerja membeli adalah benda yang dibeli. Dalam kalimat tersebut, benda yang dibeli adalah sekotak pensil.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang kunci jawaban Detik Detik Sd 2020 Bahasa Indonesia halaman 38