Kunci Jawaban Post Test Merdeka Belajar Modul 3

Kunci Jawaban Post Test Merdeka Belajar Modul 3

Modul 3 Merdeka Belajar berjudul "Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh". Modul ini membahas tentang pentingnya guru untuk mendampingi murid secara utuh dan menyeluruh, baik dari segi akademik, sosial, maupun emosional.

Post test modul 3 Merdeka Belajar terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 1 soal uraian. Berikut ini adalah kunci jawaban post test modul 3 Merdeka Belajar:

Soal Pilihan Ganda

  1. Berikut ini adalah salah satu prinsip dalam mendampingi murid secara utuh dan menyeluruh, yaitu:
    • (A) Guru harus menjadi pusat pembelajaran
    • (B) Guru harus menguasai materi pelajaran
    • (C) Guru harus memahami kebutuhan murid
    • (D) Guru harus menjadi fasilitator pembelajaran
    • (E) Guru harus menjadi evaluator pembelajaran

Jawaban: (C)

Penjelasan: Prinsip dalam mendampingi murid secara utuh dan menyeluruh adalah guru harus memahami kebutuhan murid. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan asesmen awal, melakukan pengamatan, dan berkomunikasi dengan murid dan orang tua murid.

  1. Berikut ini adalah salah satu contoh strategi untuk mengembangkan potensi murid secara optimal, yaitu:
    • (A) Guru memberikan materi pelajaran yang sesuai dengan kurikulum
    • (B) Guru memberikan tugas-tugas yang sulit untuk diselesaikan murid
    • (C) Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk mengembangkan minat dan bakat mereka
    • (D) Guru memberikan hukuman kepada murid yang tidak berprestasi
    • (E) Guru memberikan penghargaan kepada murid yang berprestasi

Jawaban: (C)

Penjelasan: Strategi untuk mengembangkan potensi murid secara optimal adalah memberikan kesempatan kepada murid untuk mengembangkan minat dan bakat mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, kompetisi, dan lain-lain.

  1. Berikut ini adalah salah satu contoh cara untuk membangun hubungan positif dengan murid, yaitu:
    • (A) Guru harus bersikap otoriter terhadap murid
    • (B) Guru harus bersikap acuh tak acuh terhadap murid
    • (C) Guru harus bersikap sopan dan santun terhadap murid
    • (D) Guru harus bersikap tegas terhadap murid
    • (E) Guru harus bersikap ramah terhadap murid

Jawaban: (E)

Penjelasan: Cara untuk membangun hubungan positif dengan murid adalah bersikap ramah terhadap murid. Hal ini dapat dilakukan dengan tersenyum, menyapa, dan mendengarkan dengan penuh perhatian.

  1. Berikut ini adalah salah satu contoh cara untuk mengatasi masalah perilaku murid, yaitu:
    • (A) Guru harus memarahi murid
    • (B) Guru harus menghukum murid
    • (C) Guru harus menasehati murid
    • (D) Guru harus mengabaikan murid
    • (E) Guru harus berkonsultasi dengan orang tua murid

Jawaban: (C)

Penjelasan: Cara untuk mengatasi masalah perilaku murid adalah menasehati murid. Hal ini dapat dilakukan dengan cara yang lembut dan penuh pengertian.

  1. Berikut ini adalah salah satu contoh cara untuk meningkatkan motivasi belajar murid, yaitu:
    • (A) Guru memberikan materi pelajaran yang sulit untuk diselesaikan murid
    • (B) Guru memberikan tugas-tugas yang banyak
    • (C) Guru memberikan penghargaan kepada murid yang berprestasi
    • (D) Guru memberikan hukuman kepada murid yang tidak berprestasi
    • (E) Guru memberikan pujian kepada murid yang berprestasi

Jawaban: (E)

Penjelasan: Cara untuk meningkatkan motivasi belajar murid adalah memberikan pujian kepada murid yang berprestasi. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan semangat belajar murid.

Soal Uraian

  1. Jelaskan pentingnya pendampingan murid secara utuh dan menyeluruh!

Jawaban:

Pendampingan murid secara utuh dan menyeluruh penting dilakukan agar murid dapat berkembang secara optimal, baik dari segi akademik, sosial, maupun emosional. Dengan pendampingan yang tepat, murid dapat mencapai potensinya secara maksimal.

Pendampingan murid secara utuh dan menyeluruh dapat dilakukan dengan cara:

  • Memahami kebutuhan murid. Guru harus memahami kebutuhan murid, baik dari segi akademik, sosial, maupun emosional. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan asesmen awal, melakukan pengamatan, dan berkomunikasi dengan murid dan orang tua murid.
  • Memberikan kesempatan kepada murid untuk mengembangkan potensinya. Guru harus memberikan kesempatan kepada murid untuk mengembangkan minat dan bakat mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, kompetisi, dan lain-lain.
  • **Membangun hubungan positif dengan murid

Check Also

Kapal Pinisi

Sejarah Kapal Pinisi, Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia

Kapal pinisi adalah salah satu kapal tradisional Indonesia yang telah lama dikenal di dunia. Kapal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *