Penilaian PPPK Guru 2024 Oleh Guru Senior: Sebuah Tinjauan Kritis
Penilaian kesesuaian calon PPPK guru 2024 merupakan salah satu tahapan penting dalam proses seleksi PPPK guru tahun ini. Penilaian ini dilakukan oleh tim penilai yang terdiri dari kepala sekolah, guru senior, pengawas sekolah, dinas pendidikan kabupaten/kota, dan BKPSDM kabupaten/kota.
Penilaian kesesuaian ini bertujuan untuk menilai kompetensi calon PPPK guru, baik dari segi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial-kemampuan personal, maupun kompetensi manajerial. Kompetensi-kompetensi tersebut dinilai berdasarkan lembar penilaian yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
Penilaian kesesuaian oleh guru senior merupakan salah satu aspek yang paling menarik untuk dikaji. Hal ini karena guru senior memiliki peran penting dalam menilai kompetensi calon PPPK guru. Guru senior memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas di bidang pendidikan, sehingga dapat memberikan penilaian yang objektif dan akurat.
Namun, penilaian kesesuaian oleh guru senior juga memiliki beberapa tantangan. Salah satu tantangan tersebut adalah adanya potensi bias dalam penilaian. Hal ini dapat terjadi karena guru senior memiliki latar belakang yang berbeda-beda, sehingga dapat memiliki penilaian yang berbeda-beda pula terhadap calon PPPK guru.
Selain itu, penilaian kesesuaian oleh guru senior juga dapat menjadi beban tersendiri bagi guru senior. Hal ini karena guru senior harus meluangkan waktu dan tenaga untuk melakukan penilaian.
Berdasarkan hal-hal tersebut, perlu dilakukan kajian yang lebih mendalam tentang penilaian kesesuaian oleh guru senior. Kajian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang penilaian kesesuaian oleh guru senior, baik dari segi kelebihan maupun kekurangannya.
Kelebihan Penilaian Kesesuaian oleh Guru Senior
Penilaian kesesuaian oleh guru senior memiliki beberapa kelebihan, antara lain:
- Kesesuaian dengan kebutuhan pendidikan: Guru senior memiliki pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan pendidikan. Oleh karena itu, penilaian yang dilakukan oleh guru senior lebih sesuai dengan kebutuhan pendidikan.
- Obyektivitas: Guru senior memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas di bidang pendidikan, sehingga dapat memberikan penilaian yang objektif.
- Keterpercayaan: Guru senior memiliki kredibilitas yang tinggi di masyarakat, sehingga penilaian yang dilakukan oleh guru senior lebih dipercaya.
Kekurangan Penilaian Kesesuaian oleh Guru Senior
Penilaian kesesuaian oleh guru senior juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:
- Potensi bias: Penilaian yang dilakukan oleh guru senior dapat dipengaruhi oleh latar belakang guru senior tersebut. Hal ini dapat menimbulkan bias dalam penilaian.
- Beban bagi guru senior: Penilaian kesesuaian merupakan tugas tambahan bagi guru senior. Hal ini dapat menjadi beban tersendiri bagi guru senior.
Tinjauan Kritis
Berdasarkan kelebihan dan kekurangan yang telah disebutkan, dapat disimpulkan bahwa penilaian kesesuaian oleh guru senior memiliki potensi yang besar untuk menghasilkan penilaian yang berkualitas. Namun, perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengatasi kekurangan-kekurangan yang ada, seperti dengan:
- Melakukan pelatihan bagi guru senior tentang teknik penilaian: Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru senior dalam melakukan penilaian.
- Melakukan pengawasan terhadap proses penilaian: Pengawasan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya bias dalam penilaian.
Kesimpulan
Penilaian kesesuaian oleh guru senior merupakan salah satu aspek penting dalam proses seleksi PPPK guru 2024. Penilaian ini bertujuan untuk menilai kompetensi calon PPPK guru, sehingga dapat menghasilkan guru-guru yang berkualitas.
Penilaian kesesuaian oleh guru senior memiliki potensi yang besar untuk menghasilkan penilaian yang berkualitas. Namun, perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengatasi kekurangan-kekurangan yang ada, seperti dengan pelatihan bagi guru senior dan pengawasan terhadap proses penilaian.
Berikut adalah beberapa saran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas penilaian kesesuaian oleh guru senior:
- Lembar penilaian yang digunakan harus lebih komprehensif dan objektif: Lembar penilaian harus mencakup semua aspek kompetensi yang harus dimiliki oleh calon PPPK guru. Selain itu, lembar penilaian harus disusun secara objektif, sehingga tidak menimbulkan bias dalam penilaian.
- Penilaian harus dilakukan oleh tim penilai yang kompeten: Tim penilai harus terdiri dari guru senior yang memiliki kompetensi dan pengalaman yang memadai.
- Penilaian harus dilakukan secara transparan dan akuntabel: Proses penilaian harus transparan dan akuntabel, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada publik.
Dengan adanya perbaikan-perbaikan tersebut, diharapkan penilaian kesesuaian oleh guru senior dapat menghasilkan penilaian yang berkualitas dan dapat menghasilkan guru-guru yang berkualitas.