Portofolio Kimia Kelas 12

Portofolio Kimia Kelas 12: Pengertian, Tujuan, dan Isi

Portofolio adalah kumpulan dokumen yang disusun secara sistematis dan terstruktur untuk menunjukkan perkembangan dan pencapaian belajar siswa. Portofolio dapat digunakan untuk berbagai mata pelajaran, termasuk kimia.

Pengertian Portofolio Kimia Kelas 12

Portofolio kimia kelas 12 adalah kumpulan dokumen yang disusun oleh siswa kelas 12 untuk menunjukkan perkembangan dan pencapaian belajarnya dalam mata pelajaran kimia. Dokumen-dokumen tersebut dapat berupa rangkuman materi, peta konsep, laporan praktikum, tugas individu, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan tugas kelompok.

Tujuan Portofolio Kimia Kelas 12

Portofolio kimia kelas 12 memiliki beberapa tujuan, yaitu:

  • Menunjukkan kemajuan belajar siswa. Portofolio dapat digunakan untuk menunjukkan kemajuan belajar siswa dari waktu ke waktu. Dengan melihat portofolio, guru dapat mengetahui apakah siswa telah memahami materi yang diajarkan dan apakah siswa telah mencapai tujuan pembelajaran.
  • Menilai keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. Portofolio dapat digunakan untuk menilai keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. Misalnya, laporan praktikum dapat menunjukkan kemampuan siswa untuk merencanakan dan melaksanakan percobaan, serta menganalisis hasil percobaan.
  • Mengembangkan keterampilan komunikasi siswa. Portofolio dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi siswa. Misalnya, rangkuman materi dapat menunjukkan kemampuan siswa untuk menyampaikan informasi secara jelas dan ringkas.
  • Meningkatkan motivasi belajar siswa. Portofolio dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa merasa bahwa hasil kerja mereka dihargai.

Isi Portofolio Kimia Kelas 12

Isi portofolio kimia kelas 12 dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kebijakan sekolah. Namun, secara umum, portofolio kimia kelas 12 dapat berisi dokumen-dokumen berikut:

  • Rangkuman materi. Rangkuman materi dapat membantu siswa untuk mengingat dan memahami materi yang telah dipelajari. Rangkuman materi dapat dibuat secara tertulis atau menggunakan tabel, diagram, atau grafik.
  • Peta konsep. Peta konsep dapat membantu siswa untuk memahami hubungan antar konsep dalam mata pelajaran kimia. Peta konsep dapat dibuat secara manual atau menggunakan perangkat lunak pengolah kata.
  • Laporan praktikum. Laporan praktikum dapat menunjukkan kemampuan siswa untuk merencanakan dan melaksanakan percobaan, serta menganalisis hasil percobaan. Laporan praktikum harus ditulis secara sistematis dan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh guru.
  • Tugas individu. Tugas individu dapat digunakan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Tugas individu dapat berupa soal pilihan ganda, soal uraian, atau tugas lainnya yang sesuai dengan materi pembelajaran.
  • Ulangan harian. Ulangan harian dapat digunakan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari dalam jangka waktu tertentu.
  • Ulangan tengah semester. Ulangan tengah semester dapat digunakan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari selama satu semester.
  • Ulangan akhir semester. Ulangan akhir semester dapat digunakan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari selama satu tahun ajaran.
  • Tugas kelompok. Tugas kelompok dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa untuk bekerja sama dan menyelesaikan masalah. Tugas kelompok dapat berupa proyek, presentasi, atau tugas lainnya yang sesuai dengan materi pembelajaran.

Cara Membuat Portofolio Kimia Kelas 12

Untuk membuat portofolio kimia kelas 12, siswa dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih dokumen-dokumen yang akan dimasukkan ke dalam portofolio. Pilih dokumen-dokumen yang menunjukkan kemajuan belajar, keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, keterampilan komunikasi, dan motivasi belajar siswa.
  2. Organisasi dokumen-dokumen tersebut secara sistematis. Dokumen-dokumen tersebut dapat disusun berdasarkan bab, unit, atau tema.
  3. Tulis keterangan untuk setiap dokumen. Keterangan tersebut dapat menjelaskan tujuan, hasil, atau manfaat dari dokumen tersebut.
  4. Presentasikan portofolio kepada guru. Presentasikan portofolio kepada guru untuk mendapatkan umpan balik.

Tips Membuat Portofolio Kimia Kelas 12

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat portofolio kimia kelas 12 yang berkualitas:

  • Pastikan dokumen-dokumen yang dimasukkan ke dalam portofolio adalah yang terbaik. Pilih dokumen-dokumen yang menunjukkan hasil kerja terbaik siswa.
  • Organisasi dokumen-dokumen tersebut secara rapi dan jelas. Dokumen-dokumen tersebut harus mudah dibaca dan dipahami.
  • Tulis keterangan untuk setiap dokumen dengan jelas dan ringkas. Keterangan tersebut harus memberikan informasi yang cukup bagi pembaca untuk memahami dokumen tersebut.
  • Presentasikan portofolio dengan percaya diri. Presentasikan portofolio dengan jelas dan menarik agar guru dapat memberikan umpan balik yang bermanfaat