Tense Sekarang Berlanjut: Memahami Kegunaan dan Cara Menggunakannya

Dalam bahasa Inggris, kita memiliki banyak bentuk tense atau kala, salah satunya adalah tense sekarang berlanjut (present continuous). Tense ini digunakan untuk menyatakan suatu tindakan atau kejadian yang sedang berlangsung pada saat ini atau di sekitar waktu saat ini. Bentuk present continuous dibuat dengan menambahkan kata kerja bantu “to be” dalam bentuk sekarang (am, is, are) diikuti oleh kata kerja dalam bentuk -ing.

Tense sekarang berlanjut memiliki beberapa fungsi utama. Pertama, digunakan untuk menyatakan suatu tindakan atau kejadian yang sedang terjadi pada saat ini. Misalnya, “I am eating breakfast” (saya sedang makan sarapan) atau “She is working on her project” (dia sedang mengerjakan proyeknya). Kedua, tense sekarang berlanjut dapat digunakan untuk menunjukkan suatu tindakan atau kejadian yang sedang berlangsung tetapi belum selesai. Misalnya, “I am studying for my exam” (saya sedang belajar untuk ujian saya) atau “We are building a new house” (kami sedang membangun rumah baru).

Dalam bagian selanjutnya, kita akan membahas secara lebih rinci tentang kapan dan bagaimana menggunakan tense sekarang berlanjut dalam berbagai situasi.

Present Continuous

Tense untuk tindakan yang sedang berlangsung.

  • Bentuk: to be (am, is, are) + -ing
  • Fungsi: menyatakan tindakan yang sedang berlangsung
  • Contoh: I am eating (saya sedang makan)
  • Menunjukkan tindakan yang belum selesai
  • Contoh: We are building a house (kami sedang membangun rumah)
  • Menyatakan rencana atau niat
  • Contoh: I am going to the movies tonight (saya akan pergi ke bioskop malam ini)
  • Menunjukkan emosi atau keadaan
  • Contoh: She is feeling happy (dia sedang merasa senang)
  • Menyatakan tren atau perubahan
  • Contoh: The population is growing (populasi sedang bertambah)
  • Menyatakan tindakan yang berulang atau kebiasaan
  • Contoh: She is always complaining (dia selalu mengeluh)

Tense sekarang berlanjut adalah salah satu tense yang umum digunakan dalam bahasa Inggris. Dengan memahami penggunaannya, Anda dapat berkomunikasi dengan lebih efektif dan akurat.

Bentuk: to be (am, is, are) + -ing

Untuk membentuk present continuous, kita menggunakan kata kerja bantu to be dalam bentuk sekarang (am, is, are) diikuti oleh kata kerja dalam bentuk -ing. Bentuk -ing dibuat dengan menambahkan akhiran -ing pada kata kerja dasar. Misalnya, walk (berjalan) menjadi walking (sedang berjalan), eat (makan) menjadi eating (sedang makan), dan work (bekerja) menjadi working (sedang bekerja).

Pemilihan kata kerja bantu to be (am, is, are) bergantung pada subjek kalimat. Jika subjeknya adalah orang pertama tunggal (I), maka kita menggunakan am. Jika subjeknya adalah orang ketiga tunggal (he, she, it), maka kita menggunakan is. Jika subjeknya adalah orang pertama jamak (we), orang kedua tunggal dan jamak (you), atau orang ketiga jamak (they), maka kita menggunakan are.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat dalam bentuk present continuous:

  • I am eating breakfast (saya sedang makan sarapan)
  • She is working on her project (dia sedang mengerjakan proyeknya)
  • We are building a new house (kami sedang membangun rumah baru)
  • You are listening to music (kamu sedang mendengarkan musik)
  • They are playing football (mereka sedang bermain sepak bola)

Perhatikan bahwa dalam kalimat-kalimat tersebut, kata kerja yang digunakan adalah bentuk -ing. Hal ini menunjukkan bahwa tindakan atau kejadian yang dinyatakan dalam kalimat tersebut sedang berlangsung pada saat ini.

Demikian pembahasan tentang bentuk present continuous dalam bahasa Inggris. Dengan memahami bentuk dan penggunaannya, Anda dapat berkomunikasi dengan lebih efektif dan akurat dalam bahasa Inggris.

Fungsi: menyatakan tindakan yang sedang berlangsung

Salah satu fungsi utama present continuous adalah untuk menyatakan suatu tindakan atau kejadian yang sedang berlangsung pada saat ini atau di sekitar waktu saat ini.

  • Tindakan yang sedang terjadi

    Present continuous dapat digunakan untuk menyatakan suatu tindakan atau kejadian yang sedang terjadi pada saat ini. Misalnya, “I am eating breakfast” (saya sedang makan sarapan) atau “She is working on her project” (dia sedang mengerjakan proyeknya).

  • Tindakan yang sedang berlangsung tetapi belum selesai

    Present continuous juga dapat digunakan untuk menunjukkan suatu tindakan atau kejadian yang sedang berlangsung tetapi belum selesai. Misalnya, “I am studying for my exam” (saya sedang belajar untuk ujian saya) atau “We are building a new house” (kami sedang membangun rumah baru).

  • Rencana atau niat

    Present continuous dapat digunakan untuk menyatakan rencana atau niat yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Misalnya, “I am going to the movies tonight” (saya akan pergi ke bioskop malam ini) atau “We are planning a trip to Bali next month” (kami sedang merencanakan perjalanan ke Bali bulan depan).

  • Emosi atau keadaan

    Present continuous dapat digunakan untuk menyatakan emosi atau keadaan yang sedang dialami seseorang. Misalnya, “She is feeling happy” (dia sedang merasa senang) atau “I am stressed about my job” (saya sedang stres dengan pekerjaan saya).

Demikian beberapa fungsi dari present continuous dalam bahasa Inggris. Dengan memahami fungsi-fungsi tersebut, Anda dapat menggunakan present continuous dengan tepat dan akurat dalam komunikasi sehari-hari.

Contoh: I am eating (saya sedang makan)

Kalimat “I am eating” merupakan contoh penggunaan present continuous dalam bahasa Inggris. Kalimat ini menyatakan suatu tindakan yang sedang berlangsung pada saat ini, yaitu tindakan makan. Untuk membentuk kalimat present continuous, kita menggunakan kata kerja bantu to be dalam bentuk sekarang (am, is, are) diikuti oleh kata kerja dalam bentuk -ing. Dalam kalimat “I am eating“, kata kerja bantu yang digunakan adalah am karena subjek kalimatnya adalah I (orang pertama singular). Kata kerja eat diubah menjadi bentuk -ing menjadi eating.

Kalimat “I am eating” dapat digunakan dalam berbagai situasi. Misalnya, dapat digunakan untuk menyatakan bahwa seseorang sedang makan pada saat berbicara. Misalnya, jika Anda sedang makan siang di sebuah restoran dan seorang teman bertanya, “Apa yang kamu lakukan?”, Anda dapat menjawab, “I am eating” (saya sedang makan). Kalimat “I am eating” juga dapat digunakan untuk menyatakan bahwa seseorang sedang makan secara teratur. Misalnya, jika Anda ditanya, “Apa yang biasanya kamu lakukan untuk sarapan?”, Anda dapat menjawab, “I am eating bread and eggs” (saya sarapan roti dan telur). Kalimat “I am eating” juga dapat digunakan untuk menyatakan bahwa seseorang sedang makan dalam waktu dekat. Misalnya, jika Anda ditanya, “Apa yang akan kamu lakukan setelah pulang kerja?”, Anda dapat menjawab, “I am going to eat dinner” (saya akan makan malam). Dalam contoh kedua dan ketiga, digunakan kata keterangan waktu usually (biasanya) dan after (setelah) untuk menunjukkan waktu terjadinya tindakan makan.

Demikian penjelasan tentang penggunaan present continuous dalam kalimat “I am eating“. Dengan memahami penggunaan present continuous, Anda dapat menggunakannya dengan tepat dan akurat dalam komunikasi sehari-hari.

Demikian penjelasan tentang penggunaan present continuous untuk menunjukkan tindakan yang belum selesai. Dengan memahami penggunaan present continuous, Anda dapat menggunakannya dengan tepat dan akurat dalam komunikasi sehari-hari.

Contoh: We are building a house (kami sedang membangun rumah)

Kalimat “We are building a house” merupakan contoh penggunaan present continuous dalam bahasa Inggris. Kalimat ini menyatakan suatu tindakan yang sedang berlangsung pada saat berbicara, yaitu tindakan membangun rumah. Untuk membentuk kalimat present continuous, kita menggunakan kata kerja bantu to be dalam bentuk sekarang (am, is, are) diikuti oleh kata kerja dalam bentuk -ing. Dalam kalimat “We are building a house“, kata kerja bantu yang digunakan adalah are karena subjek kalimatnya adalah we (orang pertama jamak). Kata kerja build diubah menjadi bentuk -ing menjadi building.

  • Menyatakan tindakan yang sedang berlangsung

    Kalimat “We are building a house” menyatakan suatu tindakan yang sedang berlangsung pada saat berbicara, yaitu tindakan membangun rumah. Tindakan tersebut belum selesai dan masih berlangsung.

  • Menunjukkan keterlibatan subjek dalam tindakan

    Subjek kalimat “We” menunjukkan keterlibatan langsung dalam tindakan membangun rumah. Artinya, subjek kalimat tersebut adalah orang-orang yang sedang membangun rumah.

  • Penggunaan kata keterangan waktu

    Dalam kalimat “We are building a house“, tidak digunakan kata keterangan waktu secara eksplisit. Namun, karena present continuous digunakan untuk menyatakan tindakan yang sedang berlangsung pada saat berbicara, maka kata keterangan waktu yang tersirat adalah “sekarang”.

  • Konteks kalimat

    Kalimat “We are building a house” dapat digunakan dalam berbagai konteks. Misalnya, kalimat tersebut dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan “Apa yang sedang kalian lakukan?” atau untuk memberikan informasi tentang aktivitas yang sedang dilakukan.

Demikian penjelasan tentang penggunaan present continuous dalam kalimat “We are building a house“. Dengan memahami penggunaan present continuous, Anda dapat menggunakannya dengan tepat dan akurat dalam komunikasi sehari-hari.

Menyatakan rencana atau niat

Present continuous juga dapat digunakan untuk menyatakan rencana atau niat yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Artinya, tindakan atau kejadian yang dinyatakan dalam kalimat tersebut belum tentu terjadi pada saat berbicara, tetapi direncanakan atau diniatkan untuk terjadi dalam waktu dekat. Misalnya, “I am going to the movies tonight” (saya akan pergi ke bioskop malam ini) atau “We are planning a trip to Bali next month” (kami sedang merencanakan perjalanan ke Bali bulan depan).

Untuk menyatakan rencana atau niat menggunakan present continuous, kita menggunakan kata kerja bantu to be dalam bentuk sekarang (am, is, are) diikuti oleh kata kerja dalam bentuk -ing. Pemilihan kata kerja bantu to be (am, is, are) bergantung pada subjek kalimat. Jika subjeknya adalah orang pertama tunggal (I), maka kita menggunakan am. Jika subjeknya adalah orang ketiga tunggal (he, she, it), maka kita menggunakan is. Jika subjeknya adalah orang pertama jamak (we), orang kedua tunggal dan jamak (you), atau orang ketiga jamak (they), maka kita menggunakan are.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat dalam bentuk present continuous yang menyatakan rencana atau niat:

  • I am going to the movies tonight (saya akan pergi ke bioskop malam ini)
  • She is meeting her friends for lunch (dia akan bertemu teman-temannya untuk makan siang)
  • We are planning a trip to Bali next month (kami sedang merencanakan perjalanan ke Bali bulan depan)
  • You are having a party this weekend (kamu akan mengadakan pesta akhir pekan ini)
  • They are moving to a new house next year (mereka akan pindah ke rumah baru tahun depan)

Perhatikan bahwa dalam kalimat-kalimat tersebut, kata kerja yang digunakan adalah bentuk -ing. Hal ini menunjukkan bahwa tindakan atau kejadian yang dinyatakan dalam kalimat tersebut direncanakan atau diniatkan untuk terjadi dalam waktu dekat.

Demikian penjelasan tentang penggunaan present continuous untuk menyatakan rencana atau niat. Dengan memahami penggunaan present continuous, Anda dapat menggunakannya dengan tepat dan akurat dalam komunikasi sehari-hari.

Contoh: I am going to the movies tonight (saya akan pergi ke bioskop malam ini)

Kalimat “I am going to the movies tonight” merupakan contoh penggunaan present continuous dalam bahasa Inggris. Kalimat ini menyatakan suatu rencana atau niat yang akan dilakukan dalam waktu dekat, yaitu pergi ke bioskop malam ini. Untuk membentuk kalimat present continuous, kita menggunakan kata kerja bantu to be dalam bentuk sekarang (am, is, are) diikuti oleh kata kerja dalam bentuk -ing. Dalam kalimat “I am going to the movies tonight“, kata kerja bantu yang digunakan adalah am karena subjek kalimatnya adalah I (orang pertama singular). Kata kerja go diubah menjadi bentuk -ing menjadi going.

  • Menyatakan rencana atau niat

    Kalimat “I am going to the movies tonight” menyatakan suatu rencana atau niat yang akan dilakukan dalam waktu dekat, yaitu pergi ke bioskop malam ini. Rencana atau niat tersebut belum tentu terjadi pada saat berbicara, tetapi direncanakan atau diniatkan untuk terjadi dalam waktu dekat.

  • Penggunaan kata keterangan waktu

    Dalam kalimat “I am going to the movies tonight“, digunakan kata keterangan waktu “tonight” (malam ini). Kata keterangan waktu ini menunjukkan kapan rencana atau niat tersebut akan dilakukan, yaitu pada malam ini.

  • Konteks kalimat

    Kalimat “I am going to the movies tonight” dapat digunakan dalam berbagai konteks. Misalnya, kalimat tersebut dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan “Apa yang akan kamu lakukan malam ini?” atau untuk memberikan informasi tentang rencana yang akan dilakukan.

  • Intonasi kalimat

    Saat mengucapkan kalimat “I am going to the movies tonight“, intonasi kalimat tersebut harus dinaikkan pada kata “tonight“. Hal ini untuk memberikan penekanan pada rencana atau niat yang akan dilakukan.

Demikian penjelasan tentang penggunaan present continuous dalam kalimat “I am going to the movies tonight“. Dengan memahami penggunaan present continuous, Anda dapat menggunakannya dengan tepat dan akurat dalam komunikasi sehari-hari.

Menunjukkan emosi atau keadaan

Present continuous juga dapat digunakan untuk menunjukkan emosi atau keadaan yang sedang dialami seseorang. Misalnya, “She is feeling happy” (dia sedang merasa senang) atau “I am stressed about my job” (saya sedang stres dengan pekerjaan saya).

Untuk menyatakan emosi atau keadaan menggunakan present continuous, kita menggunakan kata kerja bantu to be dalam bentuk sekarang (am, is, are) diikuti oleh kata kerja yang menunjukkan emosi atau keadaan. Kata kerja yang menunjukkan emosi atau keadaan biasanya diikuti oleh preposisi about (tentang) atau with (dengan).

Berikut adalah beberapa contoh kalimat dalam bentuk present continuous yang menunjukkan emosi atau keadaan:

  • She is feeling happy (dia sedang merasa senang)
  • I am stressed about my job (saya sedang stres dengan pekerjaan saya)
  • We are excited about the trip (kami sedang bersemangat tentang perjalanan ini)
  • You are angry with me (kamu sedang marah dengan saya)
  • They are disappointed with the results (mereka sedang kecewa dengan hasilnya)

Perhatikan bahwa dalam kalimat-kalimat tersebut, kata kerja yang digunakan menunjukkan emosi atau keadaan. Kata kerja tersebut diikuti oleh preposisi about atau with untuk menunjukkan objek atau penyebab dari emosi atau keadaan tersebut.

Demikian penjelasan tentang penggunaan present continuous untuk menunjukkan emosi atau keadaan. Dengan memahami penggunaan present continuous, Anda dapat menggunakannya dengan tepat dan akurat dalam komunikasi sehari-hari.

Contoh: She is feeling happy (dia sedang merasa senang)

Kalimat “She is feeling happy” merupakan contoh penggunaan present continuous dalam bahasa Inggris. Kalimat ini menyatakan suatu emosi atau keadaan yang sedang dialami seseorang, yaitu perasaan senang. Untuk membentuk kalimat present continuous, kita menggunakan kata kerja bantu to be dalam bentuk sekarang (am, is, are) diikuti oleh kata kerja yang menunjukkan emosi atau keadaan. Dalam kalimat “She is feeling happy“, kata kerja bantu yang digunakan adalah is karena subjek kalimatnya adalah she (orang ketiga singular). Kata kerja feel diubah menjadi bentuk -ing menjadi feeling.

  • Menyatakan emosi atau keadaan

    Kalimat “She is feeling happy” menyatakan suatu emosi atau keadaan yang sedang dialami seseorang, yaitu perasaan senang. Emosi atau keadaan tersebut bersifat sementara dan dapat berubah.

  • Penggunaan kata kerja feel

    Dalam kalimat “She is feeling happy“, digunakan kata kerja feel untuk menunjukkan emosi atau keadaan. Kata kerja feel diikuti oleh kata sifat happy untuk menunjukkan emosi yang spesifik.

  • Konteks kalimat

    Kalimat “She is feeling happy” dapat digunakan dalam berbagai konteks. Misalnya, kalimat tersebut dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan “Bagaimana perasaan dia?” atau untuk memberikan informasi tentang keadaan emosi seseorang.

  • Intonasi kalimat

    Saat mengucapkan kalimat “She is feeling happy“, intonasi kalimat tersebut harus dinaikkan pada kata “happy“. Hal ini untuk memberikan penekanan pada emosi atau keadaan yang sedang dialami.

Demikian penjelasan tentang penggunaan present continuous dalam kalimat “She is feeling happy“. Dengan memahami penggunaan present continuous, Anda dapat menggunakannya dengan tepat dan akurat dalam komunikasi sehari-hari.

Menyatakan tren atau上官

Present continuous juga dapat digunakan untuk menyatakan suatu tren atau上官. Tren atau上官 tersebut dapat berupa perubahan atau perkembangan yang terjadi secara bertahap. Misalnya, “The population is growing” (populasi sedang bertambah) atau “The climate is changing” (iklim sedang berubah). Untuk menyatakan tren atau上官 menggunakan present continuous, kita menggunakan kata kerja bantu to be dalam bentuk sekarang (am, is, are) diikuti oleh kata kerja dalam bentuk -ing. Kata kerja yang digunakan biasanya merupakan kata kerja yang menyatakan perubahan atau perkembangan.

  • Menyatakan tren atau上官
    Present continuous dapat digunakan untuk menyatakan suatu tren atau上官. Tren atau上官 tersebut dapat berupa perubahan atau perkembangan yang terjadi secara bertahap.
  • Penggunaan kata kerja yang menyatakan perubahan atau perkembangan
    Dalam kalimat yang menyatakan tren atau上官, digunakan kata kerja yang menyatakan perubahan atau perkembangan. Kata kerja tersebut biasanya diikuti oleh preposisi to atau from untuk menyatakan arah perubahan atau perkembangan.
  • Contoh kalimat
    Berikut adalah beberapa contoh kalimat dalam bentuk present continuous yang menyatakan tren atau上官:
    • The population is growing (populasi sedang bertambah)
    • The climate is changing (iklim sedang berubah)
    • Technology is advancing (teknologi sedang maju)
    • The economy is recovering (ekonomi sedang pulih)
    • The sea level is rising (permukaan laut sedang naik)

    Konteks kalimat
    Kalimat-kalimat yang menyatakan tren atau上官 dapat digunakan dalam berbagai konteks. Misalnya, kalimat-kalimat tersebut dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang perubahan atau perkembangan yang sedang terjadi, untuk menganalisis atau memprediksi perubahan atau perkembangan tersebut, atau untuk mengajak orang lain ikut serta dalam perubahan atau perkembangan tersebut.

Demikian penjelasan tentang penggunaan present continuous untuk menyatakan tren atau上官. Dengan memahami penggunaan present continuous, Anda dapat menggunakannya dengan tepat dan akurat dalam komunikasi sehari-hari.

Contoh: The population is growing (populasi sedang bertambah)

Kalimat “The population is growing” merupakan contoh penggunaan present continuous dalam bahasa Inggris. Kalimat ini menyatakan suatu tren atau perubahan yang terjadi secara bertahap, yaitu pertumbuhan populasi. Untuk membentuk kalimat present continuous, kita menggunakan kata kerja bantu to be dalam bentuk sekarang (am, is, are) diikuti oleh kata kerja dalam bentuk -ing. Dalam kalimat “The population is growing“, kata kerja bantu yang digunakan adalah is karena subjek kalimatnya adalah the population (orang ketiga singular). Kata kerja grow diubah menjadi bentuk -ing menjadi growing.

  • Menyatakan tren atau perubahan

    Kalimat “The population is growing” menyatakan suatu tren atau perubahan yang terjadi secara bertahap, yaitu pertumbuhan populasi. Tren atau perubahan tersebut bersifat berkelanjutan dan belum tentu akan berhenti dalam waktu dekat.

  • Penggunaan kata kerja grow

    Dalam kalimat “The population is growing“, digunakan kata kerja grow untuk menyatakan tren atau perubahan. Kata kerja grow diikuti oleh -ing untuk menunjukkan bahwa tren atau perubahan tersebut sedang berlangsung.

  • Konteks kalimat

    Kalimat “The population is growing” dapat digunakan dalam berbagai konteks. Misalnya, kalimat tersebut dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang pertumbuhan populasi, untuk menganalisis atau memprediksi pertumbuhan populasi, atau untuk mengajak orang lain ikut serta dalam upaya pengendalian pertumbuhan populasi.

  • Intonasi kalimat

    Saat mengucapkan kalimat “The population is growing“, intonasi kalimat tersebut harus dinaikkan pada kata “growing“. Hal ini untuk memberikan penekanan pada tren atau perubahan yang sedang terjadi.

Demikian penjelasan tentang penggunaan present continuous dalam kalimat “The population is growing“. Dengan memahami penggunaan present continuous, Anda dapat menggunakannya dengan tepat dan akurat dalam komunikasi sehari-hari.

Menyatakan tindakan yang berulang atau kebiasaan

Present continuous juga dapat digunakan untuk menyatakan suatu tindakan yang berulang atau kebiasaan. Tindakan atau kebiasaan tersebut dilakukan secara berkala atau rutin. Misalnya, “She is always complaining” (dia selalu mengeluh) atau “I am usually up early in the morning” (saya biasanya bangun pagi).

  • Menyatakan tindakan yang berulang atau kebiasaan

    Present continuous dapat digunakan untuk menyatakan suatu tindakan yang berulang atau kebiasaan. Tindakan atau kebiasaan tersebut dilakukan secara berkala atau rutin.

  • Penggunaan kata keterangan frekuensi

    Dalam kalimat yang menyatakan tindakan yang berulang atau kebiasaan, sering digunakan kata keterangan frekuensi. Kata keterangan frekuensi menunjukkan seberapa sering tindakan atau kebiasaan tersebut dilakukan. Misalnya, always (selalu), usually (biasanya), often (sering), sometimes (kadang-kadang), dan never (tidak pernah).

  • Contoh kalimat

    Berikut adalah beberapa contoh kalimat dalam bentuk present continuous yang menyatakan tindakan yang berulang atau kebiasaan:

    • She is always complaining (dia selalu mengeluh)
    • I am usually up early in the morning (saya biasanya bangun pagi)
    • We are often late for school (kami sering terlambat sekolah)
    • You are sometimes rude to people (kamu kadang-kadang kasar kepada orang lain)
    • They are never on time (mereka tidak pernah tepat waktu)

    Konteks kalimat

    Kalimat-kalimat yang menyatakan tindakan yang berulang atau kebiasaan dapat digunakan dalam berbagai konteks. Misalnya, kalimat-kalimat tersebut dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang kebiasaan seseorang, untuk mengkritik atau memuji kebiasaan seseorang, atau untuk mengajak orang lain ikut serta dalam suatu kebiasaan.

Demikian penjelasan tentang penggunaan present continuous untuk menyatakan tindakan yang berulang atau kebiasaan. Dengan memahami penggunaan present continuous, Anda dapat menggunakannya dengan tepat dan akurat dalam komunikasi sehari-hari.

Contoh: She is always complaining (dia selalu mengeluh)

Kalimat “She is always complaining” merupakan contoh penggunaan present continuous dalam bahasa Inggris. Kalimat ini menyatakan suatu tindakan yang berulang atau kebiasaan, yaitu mengeluh. Untuk membentuk kalimat present continuous, kita menggunakan kata kerja bantu to be dalam bentuk sekarang (am, is, are) diikuti oleh kata kerja dalam bentuk -ing. Dalam kalimat “She is always complaining“, kata kerja bantu yang digunakan adalah is karena subjek kalimatnya adalah she (orang ketiga singular). Kata kerja complain diubah menjadi bentuk -ing menjadi complaining.

  • Menyatakan tindakan yang berulang atau kebiasaan

    Kalimat “She is always complaining” menyatakan suatu tindakan yang berulang atau kebiasaan, yaitu mengeluh. Tindakan atau kebiasaan tersebut dilakukan secara berkala atau rutin.

  • Penggunaan kata keterangan frekuensi

    Dalam kalimat “She is always complaining“, digunakan kata keterangan frekuensi always (selalu). Kata keterangan frekuensi ini menunjukkan bahwa tindakan mengeluh tersebut dilakukan secara terus-menerus atau tanpa henti.

  • Konteks kalimat

    Kalimat “She is always complaining” dapat digunakan dalam berbagai konteks. Misalnya, kalimat tersebut dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang kebiasaan seseorang, untuk mengkritik atau memuji kebiasaan seseorang, atau untuk mengajak orang lain ikut serta dalam suatu kebiasaan.

  • Intonasi kalimat

    Saat mengucapkan kalimat “She is always complaining“, intonasi kalimat tersebut harus dinaikkan pada kata “complaining“. Hal ini untuk memberikan penekanan pada tindakan yang berulang atau kebiasaan yang sedang dibicarakan.

Demikian penjelasan tentang penggunaan present continuous dalam kalimat “She is always complaining“. Dengan memahami penggunaan present continuous, Anda dapat menggunakannya dengan tepat dan akurat dalam komunikasi sehari-hari.