Sk Program Induksi Guru Pemula 2019

SK Program Induksi Guru Pemula 2019: Tujuan, Manfaat, dan Implementasinya

Program Induksi Guru Pemula (PIGP) merupakan program yang bertujuan untuk memberikan bimbingan, arahan, dan pelatihan kepada guru pemula dalam melaksanakan tugasnya secara profesional. Program ini dilaksanakan selama satu tahun dan dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap orientasi dan tahap pendampingan.

Tujuan PIGP

Tujuan PIGP secara umum adalah untuk mempersiapkan guru pemula agar mampu melaksanakan tugasnya secara profesional. Secara khusus, tujuan PIGP adalah sebagai berikut:

  • Membantu guru pemula untuk memahami dan menerapkan standar kompetensi guru.
  • Membantu guru pemula untuk mengembangkan keterampilan mengajar, mengelola kelas, dan mengembangkan peserta didik.
  • Membantu guru pemula untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja di sekolah.

Manfaat PIGP

Program PIGP memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan kualitas guru pemula.
  • Meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran pendidikan.

Implementasi PIGP

Program PIGP dilaksanakan oleh sekolah dengan melibatkan guru senior, pengawas, dan dinas pendidikan. Pelaksanaan program ini diawali dengan tahap orientasi yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada guru pemula tentang program induksi, standar kompetensi guru, dan lingkungan kerja di sekolah.

Setelah tahap orientasi, guru pemula akan mengikuti tahap pendampingan yang dilaksanakan oleh guru senior. Pada tahap ini, guru pemula akan didampingi dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari, seperti mengajar, mengelola kelas, dan mengembangkan peserta didik.

Pada akhir program, guru pemula akan dinilai oleh tim penilai yang terdiri dari pengawas, guru senior, dan kepala sekolah. Penilaian ini bertujuan untuk mengukur keberhasilan guru pemula dalam mengikuti program induksi.

Ketentuan PIGP

Program PIGP dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5792 Tahun 2019 tentang Program Induksi Guru Pemula Madrasah. Ketentuan tersebut antara lain:

  • Program PIGP dilaksanakan selama satu tahun.
  • Program PIGP dilaksanakan di sekolah tempat guru pemula bertugas.
  • Guru pemula wajib mengikuti seluruh kegiatan yang dilaksanakan dalam program PIGP.

Kesimpulan

Program Induksi Guru Pemula merupakan program yang penting untuk meningkatkan kualitas guru pemula. Program ini memberikan bimbingan, arahan, dan pelatihan kepada guru pemula agar mampu melaksanakan tugasnya secara profesional.