Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Surat lamaran kerja adalah dokumen yang digunakan untuk mengajukan diri untuk pekerjaan tertentu. Surat lamaran kerja yang ditulis dalam bahasa Inggris disebut dengan cover letter. Cover letter adalah kesempatan pertama Anda untuk membuat kesan yang baik pada calon atasan Anda. Oleh karena itu, penting untuk menulis cover letter yang jelas, ringkas, dan menarik.

Struktur Cover Letter

Cover letter biasanya terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  • Salutation

Bagian ini digunakan untuk menyapa calon atasan Anda. Anda dapat menggunakan sapaan formal seperti Dear [Nama Calon Atasan] atau To whom it may concern.

  • Introduction

Bagian ini digunakan untuk memperkenalkan diri dan menjelaskan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang ditawarkan. Anda dapat menyebutkan kualifikasi dan pengalaman Anda yang relevan dengan posisi tersebut.

  • Body

Bagian ini digunakan untuk menjelaskan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut. Anda dapat menyebutkan keterampilan, pengalaman, dan pencapaian Anda yang relevan dengan posisi tersebut.

  • Conclusion

Bagian ini digunakan untuk mengulangi minat Anda pada posisi tersebut dan berterima kasih kepada calon atasan Anda atas waktu dan pertimbangannya.

Tips Menulis Cover Letter

Berikut adalah beberapa tips untuk menulis cover letter yang efektif:

  • Gunakan bahasa yang formal dan profesional.
  • Pastikan cover letter Anda bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan.
  • Tulis cover letter Anda dengan singkat dan jelas.
  • Fokus pada keterampilan dan pengalaman Anda yang relevan dengan posisi yang ditawarkan.
  • Gunakan kata-kata aktif dan kalimat yang kuat.
  • Baca ulang cover letter Anda sebelum mengirimkannya.

Contoh Cover Letter Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Berikut adalah contoh cover letter bahasa Inggris dan terjemahannya:

Dear [Nama Calon Atasan],

I am writing to express my interest in the [nama posisi] position that I saw advertised on [nama website]. I have been working as a [nama posisi] for [jumlah tahun] years, and I have a strong track record of success in this field.

In my previous role at [nama perusahaan sebelumnya], I was responsible for [daftar tanggung jawab]. I have a proven ability to [daftar keterampilan dan pencapaian]. For example, I [contoh pencapaian].

I am confident that my skills and experience would be a valuable asset to your company. I am a highly motivated and results-oriented individual, and I am always looking for new challenges. I am also a team player and I am able to work independently.

I am available for an interview at your earliest convenience. Thank you for your time and consideration.

Sincerely, [Nama Anda]

Terjemahan:

Kepada [Nama Calon Atasan],

Saya menulis untuk mengungkapkan minat saya pada posisi [nama posisi] yang saya lihat diiklankan di [nama website]. Saya telah bekerja sebagai [nama posisi] selama [jumlah tahun] tahun, dan saya memiliki rekam jejak yang kuat di bidang ini.

Dalam peran saya sebelumnya di [nama perusahaan sebelumnya], saya bertanggung jawab untuk [daftar tanggung jawab]. Saya memiliki kemampuan yang terbukti untuk [daftar keterampilan dan pencapaian]. Misalnya, saya [contoh pencapaian].

Saya yakin bahwa keterampilan dan pengalaman saya akan menjadi aset berharga bagi perusahaan Anda. Saya adalah individu yang termotivasi dan berorientasi pada hasil, dan saya selalu mencari tantangan baru. Saya juga pemain tim dan saya dapat bekerja secara mandiri.

Saya tersedia untuk wawancara pada kesempatan pertama. Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda.

Hormat saya, [Nama Anda]

Tips Mengubah Cover Letter ke Bahasa Inggris

Untuk mengubah cover letter ke bahasa Inggris, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Terjemahkan setiap kata dan frasa ke dalam bahasa Inggris.
  • Gunakan tata bahasa dan ejaan bahasa Inggris yang benar.
  • Pastikan cover letter Anda tetap singkat dan jelas.
  • Baca ulang cover letter Anda sebelum mengirimkannya.

Kamu juga dapat menggunakan bantuan alat penerjemah online untuk membantu Anda menerjemahkan cover letter Anda ke bahasa Inggris. Namun, penting untuk meninjau kembali terjemahan Anda sendiri untuk memastikan bahwa tata bahasa dan ejaan Anda benar.