Breaking News

Tentukan Jenis Ketiga Iklan Tersebut

Iklan adalah segala bentuk pesan promosi produk atau jasa yang disampaikan melalui media tertentu. Iklan dapat diklasifikasikan berdasarkan berbagai kriteria, salah satunya adalah berdasarkan tujuannya. Berdasarkan tujuannya, iklan dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu iklan komersial, iklan non-komersial, dan iklan korporat.

Iklan Komersial

Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. Iklan komersial biasanya dibuat oleh perusahaan atau lembaga bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa mereka kepada masyarakat luas.

Iklan Non-Komersial

Iklan non-komersial adalah iklan yang bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan sosial, pendidikan, atau kemanusiaan. Iklan non-komersial biasanya dibuat oleh lembaga pemerintah, organisasi non-pemerintah, atau lembaga swadaya masyarakat.

Iklan Korporat

Iklan korporat adalah iklan yang bertujuan untuk membangun citra positif perusahaan atau lembaga. Iklan korporat biasanya dibuat untuk memperkenalkan perusahaan atau lembaga kepada masyarakat luas, serta untuk meningkatkan reputasi dan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan atau lembaga tersebut.

Pertanyaan dan Jawaban

Pertanyaan: Tentukan jenis ketiga iklan tersebut.

Jawaban:

Jenis ketiga iklan tersebut adalah iklan layanan masyarakat. Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bertujuan untuk memberikan informasi atau edukasi kepada masyarakat tentang suatu hal, seperti kesehatan, keselamatan, atau lingkungan. Iklan layanan masyarakat biasanya dibuat oleh lembaga pemerintah atau organisasi non-pemerintah.

Penjelasan:

Iklan layanan masyarakat memiliki tujuan yang berbeda dengan iklan komersial dan iklan korporat. Iklan layanan masyarakat tidak bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa, atau untuk membangun citra positif perusahaan atau lembaga. Iklan layanan masyarakat hanya bertujuan untuk memberikan informasi atau edukasi kepada masyarakat tentang suatu hal yang penting.

Iklan layanan masyarakat biasanya dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang suatu hal, seperti kesehatan, keselamatan, atau lingkungan. Iklan layanan masyarakat juga dapat digunakan untuk mengajak masyarakat untuk melakukan suatu tindakan, seperti membuang sampah pada tempatnya, atau menggunakan helm saat berkendara.

Berdasarkan penjelasan di atas, jenis ketiga iklan tersebut adalah iklan layanan masyarakat. Iklan layanan masyarakat memiliki tujuan yang berbeda dengan iklan komersial dan iklan korporat. Iklan layanan masyarakat bertujuan untuk memberikan informasi atau edukasi kepada masyarakat tentang suatu hal yang penting.