Tugas Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 191: Menyimpulkan Hasil Debat
Pada halaman 191 buku Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/SMK, terdapat tugas tentang menyimpulkan hasil debat. Tugas ini bertujuan untuk melatih kemampuan peserta didik dalam memahami dan merangkum informasi dari sebuah teks debat.
Langkah-langkah Menyimpulkan Hasil Debat
Berikut adalah langkah-langkah menyimpulkan hasil debat:
- Bacalah teks debat dengan saksama. Pahamilah argumen-argumen yang disampaikan oleh kedua pihak.
- Tentukan mosi yang diperdebatkan.
- Identifikasilah poin-poin penting dari argumen kedua pihak.
- Buatlah simpulan yang merangkum poin-poin penting tersebut.
Contoh Simpulan Hasil Debat
Berikut adalah contoh simpulan hasil debat dengan mosi "Kurikulum Merdeka perlu diterapkan di sekolah."
Simpulan:
Berdasarkan hasil debat, dapat disimpulkan bahwa kurikulum Merdeka perlu diterapkan di sekolah. Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing. Kurikulum ini juga memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk lebih aktif dan kreatif dalam belajar.
Penjelasan:
Simpulan tersebut merangkum poin-poin penting dari argumen kedua pihak dalam debat. Poin-poin penting tersebut adalah:
- Mosi: Kurikulum Merdeka perlu diterapkan di sekolah.
- Argumen pendukung:
- Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing.
- Kurikulum Merdeka memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk lebih aktif dan kreatif dalam belajar.
- Argumen penentang:
- Kurikulum Merdeka belum teruji secara efektif.
- Kurikulum Merdeka membutuhkan biaya yang besar.
Tips Menyimpulkan Hasil Debat
Berikut adalah beberapa tips untuk menyimpulkan hasil debat:
- Perhatikan penggunaan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
- Gunakan kata-kata kunci yang terdapat dalam teks debat.
- Pastikan simpulan yang dibuat tidak memihak salah satu pihak.
Kesimpulan
Tugas menyimpulkan hasil debat merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami dan merangkum informasi. Dengan memahami langkah-langkah dan tips yang telah dijelaskan di atas, peserta didik diharapkan dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik.