Uji Kompetensi Seni Budaya Halaman 155 Kelas 8

Uji Kompetensi Seni Budaya Halaman 155 Kelas 8: Makna Lagu dan Penciptanya

Uji Kompetensi Seni Budaya halaman 155 kelas 8 SMP/MTs membahas tentang makna lagu dan penciptanya. Soal-soal dalam uji kompetensi ini bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa tentang materi seni musik, khususnya tentang lagu tradisional.

Berikut adalah pembahasan lengkap tentang Uji Kompetensi Seni Budaya halaman 155 kelas 8:

Soal 1

Sebutkan 10 lagu tradisional dan maknanya!

Jawaban

Berikut adalah 10 lagu tradisional dan maknanya:

  1. Lirik: Ibu Kita Kartini
  • Makna: Menggambarkan sosok Ibu Kartini sebagai seorang pejuang emansipasi wanita.
  1. Lirik: Tanah Airku
  • Makna: Menggambarkan kecintaan terhadap tanah air Indonesia.
  1. Lirik: Bengawan Solo
  • Makna: Menggambarkan keindahan dan keagungan Sungai Bengawan Solo.
  1. Lirik: Ampar-Ampar Pisang
  • Makna: Menggambarkan kehidupan masyarakat agraris di Kalimantan Selatan.
  1. Lirik: Yamko Rambe Yamko
  • Makna: Menggambarkan semangat kebersamaan dan kesatuan masyarakat Papua.
  1. Lirik: Gundul-Gundul Pacul
  • Makna: Menggambarkan kehidupan masyarakat petani di Jawa Tengah.
  1. Lirik: Tokecang
  • Makna: Menggambarkan permainan anak-anak di Jawa Tengah.
  1. Lirik: Cublak-Cublak Suweng
  • Makna: Menggambarkan permainan anak-anak di Jawa Tengah.
  1. Lirik: Lenggang Kangkung
  • Makna: Menggambarkan keindahan dan keanggunan seorang gadis.
  1. Lirik: Manuk Dadali
  • Makna: Menggambarkan semangat dan keberanian bangsa Indonesia.

Soal 2

Sebutkan dua unsur penting dalam lagu!

Jawaban

Dua unsur penting dalam lagu adalah:

  1. Melodi

Melodi adalah rangkaian nada yang disusun secara teratur dan berirama. Melodi merupakan unsur utama dalam lagu yang menentukan keindahan dan keharmonisan lagu.

  1. Lirik

Lirik adalah syair yang berisikan pesan atau makna dari lagu. Lirik merupakan unsur penting dalam lagu yang membantu pendengar untuk memahami pesan dari lagu.

Soal 3

Apa yang dimaksud dengan lagu daerah?

Jawaban

Lagu daerah adalah lagu yang berasal dari daerah tertentu dan memiliki ciri khas tersendiri. Lagu daerah biasanya dinyanyikan dengan iringan alat musik tradisional.

Soal 4

Sebutkan tiga manfaat mempelajari lagu daerah!

Jawaban

Tiga manfaat mempelajari lagu daerah adalah:

  1. Meningkatkan rasa cinta tanah air

Lagu daerah merupakan salah satu kekayaan budaya bangsa Indonesia. Dengan mempelajari lagu daerah, kita dapat meningkatkan rasa cinta tanah air.

  1. Mengenalkan budaya daerah lain

Lagu daerah dari berbagai daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri. Dengan mempelajari lagu daerah, kita dapat mengenal budaya daerah lain.

  1. Mengembangkan kreativitas

Lagu daerah biasanya memiliki irama dan melodi yang unik. Dengan mempelajari lagu daerah, kita dapat mengembangkan kreativitas dalam bermusik.

Soal 5

Bagaimana cara menyanyikan lagu daerah dengan baik?

Jawaban

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyanyikan lagu daerah dengan baik, yaitu:

  • Pahami makna lagu

Sebelum menyanyikan lagu daerah, sebaiknya kita memahami makna lagu tersebut. Hal ini akan membantu kita untuk menyanyikan lagu dengan penghayatan.

  • Baca notasi lagu dengan benar

Jika lagu daerah tersebut memiliki notasi, maka kita harus membacanya dengan benar. Hal ini akan membantu kita untuk menyanyikan lagu dengan tepat.

  • Atur pernapasan dengan baik

Lagu daerah biasanya memiliki tempo yang cepat. Oleh karena itu, kita perlu mengatur pernapasan dengan baik agar tidak kehabisan napas saat menyanyikan lagu.

  • Gunakan intonasi yang tepat

Intonasi adalah tinggi rendahnya nada yang dinyanyikan. Intonasi yang tepat akan membuat lagu terdengar lebih indah dan merdu.

  • Gunakan artikulasi yang jelas

Artikulasi adalah cara mengucapkan kata-kata dengan jelas. Artikulasi yang jelas akan membuat lagu terdengar lebih jelas

Check Also

Yang Termasuk Upaya Menghadapi Globalisasi Dalam Bidang Budaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *