Breaking News

Contoh Sk Pengangkatan Ketua Yayasan

Contoh SK Pengangkatan Ketua Yayasan

Yayasan adalah badan hukum yang didirikan untuk mencapai tujuan tertentu di bidang sosial, keagamaan, pendidikan, dan sebagainya. Dalam menjalankan kegiatannya, yayasan membutuhkan pengurus yang bertanggung jawab dalam mengelola dan menjalankan organisasi.

Salah satu pengurus yayasan yang penting adalah ketua. Ketua yayasan memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar, antara lain:

  • Memimpin dan mewakili yayasan dalam segala kegiatannya.
  • Mengelola dan mengembangkan yayasan sesuai dengan tujuannya.
  • Membina dan mengawasi kerja pengurus lainnya.

Untuk mengangkat ketua yayasan, diperlukan surat keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh dewan pembina yayasan. SK pengangkatan ketua yayasan harus memuat beberapa hal berikut:

  • Nama yayasan
  • Nomor SK
  • Tanggal SK
  • Nama ketua yayasan yang diangkat
  • Masa jabatan ketua yayasan
  • Tugas dan tanggung jawab ketua yayasan

Berikut adalah contoh SK pengangkatan ketua yayasan:

SURAT KEPUTUSAN

DEWAN PEMBINA
YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AL-FALAH

Nomor: 01/DP/YPIA/I/2023

TENTANG

PENGANGKATAN KETUA YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AL-FALAH

DEWAN PEMBINA YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AL-FALAH,

Menimbang:

a. Bahwa dalam rangka kelancaran pelaksanaan operasional di Yayasan Pendidikan Islam Al-Falah, dipandang perlu untuk mengangkat ketua yayasan;

b. Bahwa saudara [nama ketua yayasan] dipandang cakap dan mampu untuk ditunjuk sebagai ketua yayasan;

c. Bahwa berdasarkan pada pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan b, maka dipandang perlu untuk mengeluarkan surat keputusan ini.

Mengingat:

  1. Akta Pendirian Yayasan Pendidikan Islam Al-Falah Nomor 01 Tanggal 12 Januari 2023.
  2. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan.

MEMUTUSKAN:

Menetapkan:

Pertama: Mengangkat saudara [nama ketua yayasan] sebagai ketua Yayasan Pendidikan Islam Al-Falah untuk periode 2023-2027.

Kedua: Ketua yayasan dalam melaksanakan tugasnya mengacu kepada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Yayasan Pendidikan Islam Al-Falah.

Ketiga: Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan dalam keputusan ini maka akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Ditetapkan di: Bandung

Pada tanggal: 12 Januari 2023

DEWAN PEMBINA
YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AL-FALAH

[Nama ketua dewan pembina]

Pada contoh SK di atas, nama yayasan adalah Yayasan Pendidikan Islam Al-Falah, nomor SK adalah 01/DP/YPIA/I/2023, tanggal SK adalah 12 Januari 2023, nama ketua yayasan yang diangkat adalah [nama ketua yayasan], masa jabatan ketua yayasan adalah 2023-2027, dan tugas dan tanggung jawab ketua yayasan adalah memimpin dan mewakili yayasan, mengelola dan mengembangkan yayasan, serta membina dan mengawasi kerja pengurus lainnya.

Selain contoh SK di atas, masih banyak contoh SK pengangkatan ketua yayasan lainnya yang dapat digunakan. Yang terpenting adalah SK tersebut harus memuat informasi-informasi yang diperlukan, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.