Tentukan Peran Setiap Pembicara Dalam Teks Debat Tersebut

Debat merupakan kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik perorangan maupun kelompok. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi lawan untuk mengikuti opini atau gagasan si pembicara, atau dalam konteks lomba untuk meyakinkan juri bahwa argumentasi tim tersebut yang paling baik, paling logis, dan paling bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam sebuah teks debat, setiap pembicara memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing. Peran dan tanggung jawab ini ditentukan oleh posisi tim yang diwakilinya, yaitu tim afirmasi atau tim oposisi.

Peran Pembicara Afirmasi

Tim afirmasi adalah tim yang setuju dengan mosi debat. Pembicara pertama tim afirmasi memiliki peran untuk menyampaikan pembukaan debat, termasuk salam kepada moderator, dewan juri, dan hadirin. Pembicara pertama juga harus menyampaikan pembembagian tugas masing-masing pembicara dan garis besar bahan yang akan disampaikan.

Pembicara kedua tim afirmasi memiliki peran untuk mengembangkan argumen-argumen yang mendukung mosi debat. Pembicara kedua harus menyampaikan argumen-argumen yang kuat, logis, dan meyakinkan.

Pembicara ketiga tim afirmasi memiliki peran untuk menyanggah argumen-argumen tim oposisi. Pembicara ketiga harus mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tim oposisi, serta mematahkan argumen-argumen tim oposisi.

Peran Pembicara Oposisi

Tim oposisi adalah tim yang tidak setuju dengan mosi debat. Pembicara pertama tim oposisi memiliki peran untuk menyampaikan pembukaan debat, termasuk salam kepada moderator, dewan juri, dan hadirin. Pembicara pertama juga harus menyampaikan pembembagian tugas masing-masing pembicara dan garis besar bahan yang akan disampaikan.

Pembicara kedua tim oposisi memiliki peran untuk mengembangkan argumen-argumen yang menolak mosi debat. Pembicara kedua harus menyampaikan argumen-argumen yang kuat, logis, dan meyakinkan.

Pembicara ketiga tim oposisi memiliki peran untuk menyanggah argumen-argumen tim afirmasi. Pembicara ketiga harus mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tim afirmasi, serta mematahkan argumen-argumen tim afirmasi.

Kesimpulan

Setiap pembicara dalam teks debat memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing. Peran dan tanggung jawab ini ditentukan oleh posisi tim yang diwakilinya. Pembicara harus memahami peran dan tanggung jawabnya agar dapat menyampaikan argumennya dengan baik dan meyakinkan.

Jawaban Pertanyaan

Peran setiap pembicara dalam teks debat adalah sebagai berikut:

  • Pembicara pertama tim afirmasi: Menyampaikan pembukaan debat, termasuk salam kepada moderator, dewan juri, dan hadirin. Menyampaikan pembembagian tugas masing-masing pembicara dan garis besar bahan yang akan disampaikan.
  • Pembicara kedua tim afirmasi: Mengembangkan argumen-argumen yang mendukung mosi debat.
  • Pembicara ketiga tim afirmasi: Menyangkal argumen-argumen tim oposisi.
  • Pembicara pertama tim oposisi: Menyampaikan pembukaan debat, termasuk salam kepada moderator, dewan juri, dan hadirin. Menyampaikan pembembagian tugas masing-masing pembicara dan garis besar bahan yang akan disampaikan.
  • Pembicara kedua tim oposisi: Mengembangkan argumen-argumen yang menolak mosi debat.
  • Pembicara ketiga tim oposisi: Menyangkal argumen-argumen tim afirmasi.

Setiap pembicara harus memahami peran dan tanggung jawabnya agar dapat menyampaikan argumennya dengan baik dan meyakinkan.