Breaking News

Kunci Jawaban detik detik kelas 6 2020 IPS Halaman 261

kunci jawaban detik detik kelas 6 2020 ips halaman 261
kunci jawaban detik detik kelas 6 2020 ips halaman 261

Bahan Pembelajaran: Pembangunan Infrastruktur Pada Masa Orde Baru

Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembangunan nasional. Infrastruktur yang baik dapat mendukung berbagai kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya. Pada masa pemerintahan Orde Baru, pemerintah Indonesia melakukan pembangunan infrastruktur secara intensif. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan ketahanan pangan.

Soal 1: Pembangunan Infrastruktur Masa Orde Baru

Pada masa pemerintahan Orde Baru, pemerintah melakukan pembangunan di berbagai bidang. Salah satu bidang pembangunan yang dilakukan adalah pembangunan infrastruktur. Pembangunan infrastruktur apa saja yang dilakukan oleh pemerintah Orde Baru?

Pada masa pemerintahan Orde Baru, pemerintah Indonesia melakukan pembangunan infrastruktur di berbagai bidang. Salah satu bidang pembangunan infrastruktur yang mendapat perhatian besar adalah bidang transportasi. Pemerintah membangun jaringan jalan raya, jembatan, pelabuhan, bandara, dan jalur kereta api yang menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia. Pembangunan infrastruktur transportasi ini bertujuan untuk mempermudah transportasi dan mobilitas masyarakat, serta mendukung kegiatan perdagangan dan industri.

Selain bidang transportasi, pemerintah juga membangun infrastruktur di bidang irigasi, energi, dan telekomunikasi. Pembangunan irigasi bertujuan untuk mengairi sawah dan meningkatkan produksi pertanian. Pembangunan energi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat dan industri. Pembangunan telekomunikasi bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi dan komunikasi.

Soal 2: Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Infrastruktur

Pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah Orde Baru memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif apa saja yang ditimbulkan oleh pembangunan infrastruktur tersebut?

Pembangunan infrastruktur memiliki dampak positif dan negatif terhadap masyarakat dan lingkungan. Dampak positif pembangunan infrastruktur antara lain:

  • Mempermudah transportasi dan mobilitas masyarakat: Pembangunan infrastruktur transportasi mempermudah masyarakat untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini dapat meningkatkan mobilitas masyarakat dan memperluas akses mereka terhadap lapangan kerja, pendidikan, dan fasilitas kesehatan.

  • Mendukung pertumbuhan ekonomi: Pembangunan infrastruktur dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan efisiensi transportasi, mendorong perdagangan dan investasi, serta menciptakan lapangan kerja.

  • Meningkatkan ketahanan pangan: Pembangunan infrastruktur irigasi dapat meningkatkan produksi pertanian, sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat.

Namun, pembangunan infrastruktur juga memiliki dampak negatif terhadap masyarakat dan lingkungan, antara lain:

  • Meningkatnya pencemaran lingkungan: Pembangunan infrastruktur dapat menyebabkan pencemaran air, udara, dan tanah. Hal ini dapat berdampak negatif pada kesehatan masyarakat dan kelestarian lingkungan.

  • Penggusuran lahan masyarakat: Pembangunan infrastruktur dapat menyebabkan penggusuran lahan masyarakat, sehingga dapat merugikan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut.

  • Ketidakmerataan pembangunan: Pembangunan infrastruktur cenderung terpusat di kota-kota besar, sehingga dapat menimbulkan kesenjangan pembangunan antar wilayah.

Soal 3: Relevansi Pembangunan Infrastruktur Masa Orde Baru dengan Kondisi Saat Ini

Dampak negatif apa saja yang ditimbulkan oleh pembangunan infrastruktur tersebut?

Pembangunan infrastruktur yang dilakukan pada masa Orde Baru masih relevan dengan kondisi saat ini. Namun, pembangunan infrastruktur tersebut perlu diperluas dan ditingkatkan kualitasnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat. Pemerintah perlu memprioritaskan pembangunan infrastruktur di daerah-daerah tertinggal dan terpencil. Selain itu, pemerintah perlu menerapkan teknologi yang lebih ramah lingkungan dalam pembangunan infrastruktur.

Soal 4: Dampak Pembangunan Infrastruktur Masa Orde Baru terhadap Pembangunan Indonesia

Apakah pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah Orde Baru masih relevan dengan kondisi saat ini?

Pembangunan infrastruktur yang dilakukan pada masa Orde Baru memberikan dampak yang signifikan terhadap pembangunan Indonesia. Pembangunan infrastruktur tersebut telah meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan ketahanan pangan. Namun, pembangunan infrastruktur tersebut juga menimbulkan dampak negatif, seperti pencemaran lingkungan dan kesenjangan pembangunan antar wilayah.